Akibat Hujan Deras, Jalan Raya Cibeureum Mulyaharja Longsor

Akibat Hujan Deras, Jalan Raya Cibeureum Mulyaharja Longsor

Lurah Mulyaharja, Indra Permana S.H, M.H--

Bogor, AktualNews - Intensitas curah hujan yang deras mengguyur wilayah Kecamatan Bogor Selatan Kelurahan Mulyaharja dan sekitarnya Minggu malam, 26 November 2023 mengakibatkan terjadinya bencana longsor di Jalan Raya Cibeureum tepatnya di Rt. 05/05 Kelurahan Mulyaharja Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor

Longsoran tanah yang menggerus tepian Kali Cibeureum tersebut panjang sekitar 5 hingga 6 meter dengan kedalaman mencapai 2 - 3 meter memakan ruas Jalan Raya Cibeureum. 

Pantauan Aktualnews, terlihat di lokasi Lurah Mulyaharja bersama jajaran langsung meninjau lokasi untuk memastikan longsoran akibat hujan deras tersebut sudah ditangani BPBD Kota Bogor. 

Warga sekitar mengatakan akibat hujan deras semalam air meluap di Kali Cibeureum sangat deras, jadi tebingan sungai amblas dan mengikis aspal jalan. 

Karenanya ia berharap agar pemerintah setempat segera melakukan perbaikan jalan yang amblas tersebut, karena bila terjadi hujan deras lagi dikawatirkan kerusakan jalan akan menjalar dan melebar. 

Di tempat yang sama Lurah Mulyaharja Indra Permana S.H, M.H menuturkan longsor ini terjadi pada Minggu malam sekitar Pk. 21.00 WIB, saat ini dari BPBD dibantu warga setempat untuk memasang terpal dan Insya Allah nanti akan dibersihkan puing-puing yang jatuh ke sungai. 

Indra menyebut musibah semalam terjadi di dua titik yaktu di Rt. 05/05 dan di Rw. 03 Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. 

BACA JUGA:Koperasi: Sarana Perjuangan Demi Kemakmuran Rakyat

"Ada beberapa titik rawan bencana di wilayah Kelurahan Mulyaharja, biasanya yang sering terjadi di Rw. 02 Rumpun Sawah, Rw. 01 Lemah Duhur kemudian di Rw. 06 Pabuaran, dilihat dari kontur tanah dan medannya memang rawan longsor," jelasnya. 

Oleh karenanya ia menghimbau kepada warga Kelurahan Mulyaharja, khususnya di wilayah yang rawan bencana karena bulan-bulan ini kondisi cuaca yang extrim perlu diwaspadai. 

Di tempat yang sama Hermawan dari Polmas Bogor Raya Kelurahan Mulyaharja menambahkan terkait bencana di Kelurahan Mulyaharja kita tanggap darurat untuk di wilayah bencana. 

BACA JUGA:Kesiapan Ibu Hamil Menjalani Persalinan, Puskesmas Jaten I Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Stunting

Di sini longsor terjadi tadi malam Pk.21.20 WIB, selanjutnya dengan pihak BPBD dan relawan akan membersihkan badan sungai karena banyak tumpukan-tumpukan puing-puing longsoran agar arus air berjalan lancar dan tidak mengganggu tempat lain. 

Sumber: