Sederet Manfaat Buah Mangga Yang Wajib Anda Tahu, Salah Satunya Meningkatkan Imun Tubuh

Sederet Manfaat Buah Mangga Yang Wajib Anda Tahu, Salah Satunya Meningkatkan Imun Tubuh

Buah Mangga/ugdani--


Jakarta, AktualNews - Selain banyak mengandung vitamin mangga adalah buah  yang memiliki kandungan antioksidan yaitu membantu melawan radikal bebas pada tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Sederet manfaat lain dalam artikel ini membahas manfaat buah mangga yang perlu Anda ketahui, dikutip dari halodoc berikut sederetan manfaat buah mangga :

Menjaga Kesehatan Jantung
Mengonsumsi buah mangga dapat menjaga kesehatan jantung. Alasannya, mangga mengandung magnesium dan potasium, yang dapat membantu menjaga aliran darah tetap sehat.
Nutrisi ini sekaligus membantu pembuluh darah tetap rileks dan menstabilkan tekanan darah. Mangiferin sebagai antioksidan dari mangga juga baik untuk kesehatan jantung.  
Mangiferin dapat melindungi sel-sel jantung dari peradangan, stres oksidatif, dan kematian sel. Selain itu, mangiferin juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan asam lemak dalam darah. 

BACA JUGA:5 Buah Ini Sangat Dianjurkan Saat Anda Demam

Mengurangi Risiko Diabetes
Mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi vitamin C dan karotenoid dapat membantu mencegah timbulnya penyakit gula. Mangga kaya akan kedua nutrisi ini, sehingga dapat memberikan manfaat yang serupa. 
Meski begitu, manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih jauh. Pasalnya, buah mangga mengandung gula alami tinggi. Alhasil, konsumsi yang terlalu banyak malah berpotensi menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Menjaga Kesehatan Mata
Mangga penuh dengan nutrisi yang membantu mendukung kesehatan mata. Sebab, selain polifenol, mangga juga memiliki kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin.
Di dalam retina, lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai tabir surya alami, menyerap cahaya berlebih. Selain itu, produk ini tampaknya melindungi mata dari radiasi blue light atau cahaya biru yang berbahaya.
Mangga juga merupakan sumber vitamin A yang baik, yang mendukung kesehatan mata. Kurangnya asupan vitamin A telah berkaitan dengan mata kering dan kebutaan malam hari. 

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Mangga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan senyawa amilase dan serat makanan yang berfungsi mencegah sembelit. Senyawa amilase dapat membantu melarutkan makanan lain di perut, memecah pati yang sulit, sehingga mencegah sembelit.

BACA JUGA:Ini Dia Buah Langka Asli Indonesia, Salah Satunya Adalah Pernah Anda Temui Saat Kecil

Meningkatkan Imun Tubuh 
Mangga mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ini dikarenakan kandungan vitamin A yang dapat berfungsi menurunkan risiko infeksi.
Vitamin C pada mangga juga dapat membantu tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih untuk melawan penyakit, membantu sel-sel tubuh bekerja lebih efektif, dan meningkatkan pertahanan kulit. 

Mengurangi Risiko Diabetes
Mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi vitamin C dan karotenoid dapat membantu mencegah timbulnya penyakit gula. Mangga kaya akan kedua nutrisi ini, sehingga dapat memberikan manfaat yang serupa. 
Meski begitu, manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih jauh. Pasalnya, buah mangga mengandung gula alami tinggi. Alhasil, konsumsi yang terlalu banyak malah berpotensi menyebabkan lonjakan kadar gula darah

Demikian manfaat buah mangga yang perlu Anda ketahui selain rasanya yang manis dan menyegarkan sangat baik bagi kesehatan tubuh.***

Sumber: