5 Buah Ini Sangat Dianjurkan Saat Anda Demam

5 Buah Ini Sangat Dianjurkan Saat Anda Demam

Buah kelapa -Tangkap layar YouTube -

Jakarta, AktualNews - Buah-buahan sangat dianjurkan untuk membantu meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh Anda terlebih disaat cuaca panas.

Namun ada kalanya juga tubuh mengalami penurunan saat cuaca panas, untuk itu jika Anda sedang demam disarankan mengkonsumsi buah-buahan.

Berikut lima buah untuk menurunkan panas saat Anda demam, dikutip AktualNews dari Harian Bogor Raya berikut buah-buahan yang dianjurkan saat tubuh Anda demam.

BACA JUGA:Ini Dia Buah Langka Asli Indonesia, Salah Satunya Adalah Pernah Anda Temui Saat Kecil

1- Semangka
Semangka merupakan buah yang banyak mengandung cairan, 92 persen komposisi buah ini terdiri atas air. Selain dapat membantu  menambah asupan cairan tubuh yang penting saat demam, buah ini juga banyak mengandung antioksidan likopen. Antioksidan dapat bermanfaat untuk membantu melawan kuman biang penyakit, mengurangi peradangan, dan mencegah infeksi.

2- Kelapa
Air kelapa dapat membantu menurunkan demam, saat demam tubuh membutuhkan lebih banyak cairan, seperti dikutip dari LiveStrong, cairan sangat penting membantu menormalkan suhu tubuh, menghambat infeksi, dan mengangkut nutrisi penting ke seluruh sel.

Dengan meminum air kelapa dapat membantu mengisi kembali cairan dan elektrolit penting yang keluar dari tubuh lewat keringat atau buang air. Berbeda dari air putih, air kelapa diperkaya dengan potasium yang dibutuhkan tubuh dan saraf untuk mengatur detak jantung, dianjurkan meminum air kelapa murni tanpa tambahan pemanis.

BACA JUGA:Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Pelayanan Disdukcapil dan UMKM Warnai Acara Ulang Tahun Oi ke 24 di Sukabumi

3- Pisang
Pisang sangat baik menurunkan  demam karena relatif nyaman dicerna, meskipun  buah ini tidak mengandung air seperti buah lainnya namun pisang  diperkaya dengan vitamin dan mineral yang dapat membantu mengatasi badan lemas, meredakan stres, sampai menjaga tulang agar tetap kuat.

4-Jeruk
Menurut ahli kesehatan mengkonsumsi buah yang kaya vitamin C seperti jeruk dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain banyak mengandung vitamin C, jeruk juga banyak mengandung cairan yang baik sebagai pereda demam.

Disarankan pilih jeruk yang manis dan tidak terlalu asam agar perut tidak sakit, buah pengganti jeruk  juga sangat baik seperti kiwi dan strawberry.

5- Pepaya
Buah pepaya mengandung banyak vitamin walaupun buah pepaya bukan salah satu rekomendasi penurun panas tetapi buah ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebaiknya sangat dianjurkan mengonsumsi buah untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh terlebih disaat Anda sedang demam.***

Sumber: