Persiapan Transportasi PON 2024, Dishub Sumut dan Ditlantas Polda Sumut Gelar Simulasi Penjemputan Atlet

Persiapan Transportasi PON 2024, Dishub Sumut dan Ditlantas Polda Sumut Gelar Simulasi Penjemputan Atlet

--

Medan, AktualNews – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Ditlantas Polda Sumut melaksanakan simulasi penjemputan atlet, official, dan kontingen untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Jumat (5/7). 

"Kami bersama instansi terkait melakukan simulasi penjemputan atlet dari bandara untuk memastikan kesiapan pelayanan transportasi bagi peserta PON," ujar Kadishub Sumut, Agustinus Panjaitan.

Dalam simulasi ini, turut terlibat Bidang Sekretariat PB PON Apri, Bidang Pertandingan, Maimun, Bidang Akomodasi Husnah dan Bidang Protokol, Indra Siregar, Kasat PJR Ditlantas Polda Sumut, Wisnu. Dishub Sumut juga berkoordinasi dengan manajemen Bandara Kualanamu dan Dispora Sumut untuk memastikan kelancaran simulasi operasional PON ini. 

Agustinus menjelaskan, simulasi ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan Bidang Transportasi PB PON dalam menyambut kedatangan peserta PON, meliputi penanganan bagasi, operasi holding area, dan keberangkatan dari Bandara Kualanamu menuju Hotel Santika. Didukung aplikasi Transponsumut dan Fleet Management System, simulasi ini berjalan lancar. Layanan transportasi juga diuji coba menuju venue pertandingan, termasuk mensimulasikan bagaimana membawa atlet dari hotel penginapan menuju venue tempat pertandingan digelar di Gedung Bowling, Jalan Pancing. "Kendala minimal, meski ada beberapa titik kepadatan lalu lintas di Medan," ujar Agustinus.

BACA JUGA:Senator Sumut Terpilih Ingatkan GTRA Bekerja Sesuai UU Pokok Agraria

Dishub Sumut dan PB PON XXI Aceh- Sumut untuk wilayah Sumut sedang menyiapkan 967 armada yang dibagi ke dalam lima kategori layanan, ditambah 300 unit bus bantuan dari Kemenhub. Armada ini akan beroperasi mulai H-3 hingga H+2 PON 2024, melayani berbagai kebutuhan peserta dan tamu undangan. "PON 2024 akan melibatkan lebih dari 15.000 peserta yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Sumut," pungkas Agustinus.

Dengan persiapan matang dan simulasi yang sukses, Dishub Sumut dan Ditlantas Polda Sumut optimis dapat memberikan pelayanan transportasi terbaik selama PON 2024.***

Sumber: dedy hu