Ratusan Hiu Paus Spesies Baru Ditemukan Balai Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Ratusan Hiu Paus Spesies Baru Ditemukan Balai Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Ilustrasi salah satu jenis hiu paus yang hidup di Teluk Cenderawasih/Antara--


Jakarta, AktualNews-Sebanyak 13 Spesies hiu paus jenis baru ditemukan Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih ( TNTC) Provinsi Papua Barat, populasinya mencapai 209 hidup di perairan Papua.

Menurut pengamatan Kepala Besar TNTC Papua Barat Supartono mengatakan survei populasinya dilakukan rutin menggunakan metode foto identitas.

"Populasi hiu paus dari tahun 2014 ada 196 spesies dan tahun 2023 kami temukan 13 spesies hiu paus baru," ujar Supartono dikutip AktualNews dari Antara, Rabu 21 Februari 2024.

BACA JUGA:Ikan Hiu Tutul Terdampar di Pantai Tanjung Kait Tangerang Gegerkan Warga

Untuk menjaga agar populasinya tidak punah pihaknya terus mengantisipasi berbagai ancaman terhadap kelestarian populasi hiu paus melalui kegiatan patroli pengawasan penggunaan jaring tangkap, menjaga sumber pakan (planton), dan pelibatan peran aktif masyarakat nelayan.

Karena paus jenis ini merupakan salah satu jenis langka berkaitan hal tersebut hiu paus ini telah ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi berdasarkan SK Menteri Kelautan dan Perikanan No 19 tahun 2013.

Pihaknya juga telah melakukan edukasi terhadap masyarakat tentang hiu paus yang wajib dilindungi untuk menjaga populasinya agar tidak menurun.

BACA JUGA:Viral, Penampakan Hiu Mati Terapung di Suramadu

"Kami minta masyarakat supaya tidak menebang hutan di sekitar Teluk Cendrawasih maupun hulu sungai, karena mengancam sumber pakan hiu paus," kata Supartono.

Untuk melakukan pengamatan pergerakan setiap spesies hiu paus dari Teluk Cendrawasih tetap terpantau melalui alat pelacak (tag) menggunakan frekuensi radio yang terpasang pada sirip bawah hiu paus tersebut.***

Sumber:

Berita Terkait