Bawaslu Karanganyar Gelar Apel Siaga di Tahura, Pastikan Pemilu Damai Aman, Nyaman Adil dan Demokratis

Bawaslu Karanganyar Gelar Apel Siaga di Tahura, Pastikan Pemilu Damai Aman, Nyaman Adil dan Demokratis

--

Karanganyar, AktualNews - Bawaslu Kabupaten Karanganyar menggelar apel siaga pengawasan Bertempat di Tahura KGPAA Mangkunegara I Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar pada Minggu (4/2/2024).

Apel siaga tersebut diikuti seluruh panitia pengawas pemilu (Panwaslu) dari tingkat kecamatan hingga desa atau kelurahan. Dalam kesempatan tersebut turut hadir perwakilan dari 18 parpol peserta pemilu, KPU serta jajaran Forkopimda Kabupaten Karanganyar. 

Ketua Bawaslu Karanganyar, Nuning Ritwanita Priliastuti menyampaikan, jajaran pengawas tetap masih siaga melakukan pengawasan tahapan kampanye terbuka hingga menjelang memasuki tahapan masa tenang. Menurutnya, masa tenang biasanya digunakan para pemilih untuk menentukan pilihannya. Akan tetapi bagi penyelenggara pemilu, lanjutnya, masa tersebut merupakan titik kritis. 

"Kita harus memastikan tidak ada kampanye, tidak ada politik uang dan yang paling penting adalah memastikan distribusi logistik tepat waktu, tepat sasaran dan tepat jumlah," katanya saat membuka apel siaga.

Nuning sapaan akrabnya menekankan kepada jajaran pengawas supaya tetap komitmen menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan kedisiplinan demi berlangsungnya penyelenggaraan pemilu yang adil, demokratis dan damai di Kabupaten Karanganyar. 

BACA JUGA:Pemkab Karanganyar Distribusikan 738.720 Ton Beras Bantuan Untuk Masyarakat Miskin

"Kita harus pastikan semua pengawas pemilu memiliki pemahaman yang mendalam tentang aturan dan regulasi Pemilu 2024. Terus tingkatkan koordinasi antar pengawas di semua tingkatan," terangnya. 

Penjabat (Pj) Bupati Karanganyar, Timotius Suryadi mengapresiasi Bawaslu Karanganyar yang telah menggelar apel bersama sebagai bentuk kesiapan jajaran pengawas dari tingkat kabupaten hingga desa menjelang pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

BACA JUGA:Baperpemda DPRD Pekalongan Kunjungi Karanganyar Imlementasi Perda No 10 Tahun 2022 Tentang KIP

"Untuk itu Panwaslu selaku tangan panjang Bawaslu baik di tingkat kecamatan maupun desa harus benar-benar dapat bertanggung jawab serta menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional, karena panjenengan semua merupakan salah satu unsur dari suksesnya penyelenggara pemilu dalam mewujudkan pemilu yang aman, damai, demoktratis, jujur dan adil khususnya di Kabupaten Karanganyar," ungkapnya.

Usai Upacara Apel Siaga bersama - sama menerbangkan puluhan burung perkutut di lokasi Tahura tersebut.***

Sumber: