SEMMI Tangerang Tutup Plang TPA Rawa Kucing

SEMMI Tangerang Tutup Plang TPA Rawa Kucing

--

TANGERANG, AKTUALNEWS.CO.ID --- Pengurus Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia Cabang Tangerang (Kota & Kabupaten) menggelar Aksi demonstrasi di TPA Rawa Kucing Kota Tangerang. Pada Selasa (22/08/2023). 

Aksi tersebut mengangkat tema "Boikot Tempat Penampungan Sampah Rawa Kucing Kota Tangerang 2023."

Aksi tersebut merupakan lanjutan yang sebelumnya digelar di depan gedung DLHK Kota Tangerang. 

Yanto, koordinator aksi mengatakan bahwa aksi hari ini, SEMMI memasang kain hitam di plang yang bertuliskan TPA Rawa Kucing sebagai simbolis bahwa tempat tersebut sudah tidak lagi bisa menampung sampah masyarakat Kota Tangerang.

BACA JUGA:11 Peserta Didik Terbaik SMK Insan Mulya Kibin Mendapatkan Beasiswa Pendidikan

BACA JUGA:P-APBD 2023 Pemko Medan: Pendapatan Naik 0,33% Belanja Daerah Turun 0,32%

"Tutup plang nama TPA Rawa Kucing sebagai simbolis kami menganggap Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Tangerang tidak mampu menjalankan tugas dan kewajibannya mengurangi, mengatasi, dan mengelola permasalahan sampah.

Aksi hari ini, kami juga peringatkan DLHK Kota Tangerang agar segera mencari solusi dari kondisi overloadnya TPA. Karena Kajian kami mengatakan overload terjadi pada Desember 2023 ini," kata Yanto ketua SEMMI Tangerang

Diketahui bahwa kajian daya tampung TPA Rawa Kucing yang dibuat berdasarkan pada Permen LHK No. 10 Tahun 2017 dengan kesimpulan bahwa akan ada pertumbuhan jumlah penduduk sekitar 1,948,508 jiwa. Dengan timbulan sampah perorang 0.7 Kg/Hari.

Sehingga didapatkan hasil bahwa sampah di kota Tangerang sebanyak 3,897,016 M³. Ini tidak seimbang dengan sisa daya tampung TPA yang hanya 1,900,000 M³.

BACA JUGA:Terkait Masalah Tambang Ilegal Mining di Kabupaten Solok Aparat Penegak Hukum Belum Ada bertindak

BACA JUGA:RSUD DR Pirngadi Medan Diminta Mengupgread Sistim Pelayanan Perobatan

Jika keadaan ini terus dibiarkan tanpa solusi yang nyata, dan TPA dipaksa untuk tetap menampung sampah, fenomena Tsunami Sampah akan terjadi. 

"Kami mengkhawatirkan fenomena yang mengerikan di tahun yang akan datang yaitu Tsunami Sampah di TPA Rawa Kucing.

Sumber: