Lounching Spod Baca Digital Salah Satu Program Perkembangan Literasi di Kabupaten Labuhanbatu

Lounching Spod Baca Digital Salah Satu Program Perkembangan Literasi di Kabupaten Labuhanbatu

--

Labuhanbatu, AktualNews-Wujud dan komitmen dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam mendukung program literasi digital khususnya di kalangan pelajar, tenaga didik dan masyarakat umum, pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas Perpustakaan meluncurkan berbagai program untuk mempermudah akses menuju literasi.

Diantara beberapa program dimaksud seperti "spod baca digital", yang Lounching pada hari Senin 23/9/2024, di aula rumah Dinas Bupati Labuhanbatu jalan Wr. Supratman Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara.

Digital literasi adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan teknologi digital seperti internet dan alat komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, berbagi dan menciptakan konten. Literasi digital merupakan keterampilan yang penting dalam era digital dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Plt. Bupati Labuhanbatu Perpanjang Masa Jabatan 51 Kepala Desa

Plt. Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar, S.Pd,MM yang hadir membuka acara dimaksud mengatakan, spod baca digital merupakan momen penting bagi perkembangan literasi di Kabupaten Labuhanbatu.

Saat ini kita berada dalam era digital, di mana teknologi terus berkembang pesat di setiap kehidupan, teknologi informasi memainkan peran penting dalam mempercepat proses kerja, mempermudah akses informasi dan tentunya meningkatkan kualitas pendidikan dan literasi. 

"Saya bangga bahwa Kabupaten Labuhanbatu telah meluncurkan aplikasi spod baca digital merupakan sebuah inovasi yang memanfaatkan teknologi untuk memberikan akses yang lebih luas terhadap berbagai bahan bacaan", imbuhnya.

Menurut Hj Ellya, melalui aplikasi ini masyarakat bisa dengan mudah mengakses ribuan buku dan sumber daya literasi lainnya, kapan saja dan di mana saja.

" Spod baca digital ini hadir sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk mendorong masyarakat lebih dekat dengan dunia literasi, serta memberikan fasilitas yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan, dengan adanya perpustakaan digital ini kita berharap minat baca masyarakat akan semakin meningkat terutama di kalangan generasi muda yang sangat akrab dengan teknologi, " ucapnya.

Perlu kita sadari inovasi ini tidak akan berhasil tanpa adanya partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, oleh karena itu saya mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya para pelajar, mahasiswa dan pegiat literasi serta para guru-guru di sekolah untuk memanfaatkan aplikasi ini sebaik-baiknya. Mari kita jadikan spod baca digital sebagai jendela ilmu yang membawa perubahan positif bagi masa depan kita semua. 

BACA JUGA:Tim Satgas Saber Pungli Paparkan Garis-Garis Tindakan Pungli di Bapenda Labuhanbatu

Lebih lanjut ucap Hj Ellya, literasi bukan hanya tentang kemampuan membaca, tetapi juga kemampuan memahami dan menerapkan pengetahuan yang didapatkan dari apa yang kita baca, oleh karena itu perpustakaan dan program-program pemerintah seperti ini harus kita dukung dengan sepenuh hati, saya yakin bahwa dengan kerjasama yang baik antara pemerintah masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya Kabupaten Labuhanbatu dapat menjadi daerah yang lebih maju cerdas dan berdaya saing tinggi. 

Semoga dengan adanya layanan ini kita semua dapat bersama-sama membangun budaya literasi yang lebih kuat dan lebih baik di Kabupaten Labuhanbatu, " pungkasnya.

Disisi yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Labuhanbatu Asnita Rehulina Nasution, S.Pd,  memperkenalkan apa tujuan dari spod baca digital kepada masyarakat khususnya kepada pelajar dan tenaga pendidik di Kabupaten Labuhanbatu, menurutnya langkah ini sebagai upaya meningkatkan kinerja dengan memanfaatkan tempo teknologi digital serta memberikan akses yang luas terhadap teknologi digital dan konteks program literasi yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Sumber: