Tata Cara Dan Adab Penyembelihan Yang Harus Diketahui Oleh Panitia Pemotongan Hewan Qurban

Tata Cara Dan Adab Penyembelihan Yang Harus Diketahui Oleh Panitia Pemotongan Hewan Qurban

--

Tangerang, AktualNews- Pasca perayaan Hari Raya Idul Adha yang melaksanakan qurban, ternyata masih ada petugas pemotongan hewan qurban yang belum faham tata cara dan adab melakukan penyembelihan hewan qurban. Padahal sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, sudah seharusnya kita menjalankan hidup sesuai dengan aturan yang telah dijelaskan , baik dalam Al-Qur'an, maupun hadits ( sunah Rasulullah SAW ).

Seperti halnya menyembelih hewan qurban, hendaknya dilakukan dengan sebaik-baiknya dengan mengikuti tata cara sesuai yang ditentukan, dengan berharap keridhoan dari Allah SWT, termasuk juga saat melakukan penyembelihan hewan kurban usai melaksanakan sholat Idul Adha.

BACA JUGA:Sinergitas TNI-POLRI, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Sumurbatu Babakan Madang Sambang Warga Desa Binaan

Saat melakukan penyembelihan hewan ada sejumlah hal yang harus diperhatikan, khususnya yang menyangkut dengan adab dan cara menyembelih hewan kurban yang benar, karena dalam Islam apa yang dikerjakan memiliki tuntunan atau panduan agar tidak salah.

 

Adanya kejadian penyembelihan hewan qurban yang diduga tidak mengikuti aturan dan adab, yang terjadi di salah satu kelurahan di wilayah Kota Tangerang, pada Senin ( 17/6/2024 ) yang menurut beberapa warga setempat melakukan penyembelihan hewan qurban dengan cara berulang ulang yang bisa menyiksa hewan qurban dan dikhawatirkan bisa mengurangi nilai ibadah qurban. 

BACA JUGA:SDN Pangkat 1 Gelar Acara Pelepasan dan Perpisahan Siswa Siswi Kelas VI Tahun Ajaran 2024/2025

Begitu juga dengan penyembelihan hewan kurban ada tata cara dan adab yang perlu diikuti sebagaimana dijelaskan dalam kitab Almufashshal fi Ahkamil Udhiyah karya Dr. Hisamuddin.

 

Berikut ini tata cara dan adab saat melakukan penyembelihan hewan qurban :

 

-Perlakukan hewan qurban dengan lembut agar hewan qurban tetap tenang

 

-Tidak berlaku kasar terhadap hewan qurban

Sumber: