Sejarah Panjang Konflik Palestina – Israel Hingga Detik Ini

Sejarah Panjang Konflik Palestina – Israel Hingga Detik Ini

--

Itulah beberapa contoh dari Top universitas dunia. Terlebih di beberapa negara dengan mayoritas muslim. Tentu akan sangat dipertanyakan jika mengabaikan Palestina. Perlu dicatat juga bahwa pada tanggal 7 Mei 2024, 172 Universitas Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) di seluruh Indonesia serentak menggelar aksi solidaritas dan orasi untuk mendukung rakyat Palestina. Aksi ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen sivitas akademika PTMA terhadap kemanusiaan dan perdamaian dunia.

 

Terutama Indonesia sebagai negara yang memiliki komitmen kuat sejak awal kemerdekaan hingga saat ini dalam mendukung hak-hak Palestina. Pada bulan April 2024, Indonesia berhasil mengirimkan bantuan tahap kedua ke Gaza menggunakan pesawat Hercules TNI. Ada juga bantuan berupa obat-obatan, perlengkapan kesehatan dan kebutuhan lainnya. Tercatat bahwa pada bulan Maret 2024, Indonesia mengirimkan bantuan senilai Rp30 miliar untuk Palestina dan Sudan bahkan Pada bulan April 2024, Indonesia telah mengalokasikan Rp31,9 miliar atau setara USD 2 Juta melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI).

 

Hal yang tak kalah menarik juga banyak selebriti dunia turut menyuarakan dukungan atas Palestina. Tidak sedikit aktris besar dunia yang tidak segan untuk membela Palestina dan hal ini menuai banyak pujian dan sebaliknya beberapa aktris yang bungkam atau mendukung Israel mendapatkan banyak kritikan, terutama adanya isu cancel culture merujuk pada praktik memboikot atau menarik dukungan dari seseorang karena pernyataan atau tindakan mereka yang dianggap ofensif atau kontroversial. 

 

Oleh karena itu, tulisan ini ingin menyampaikan bahwa sekeras dan sesering apapun penyerangan yang dilakukan Israel dan sekutunya atas Palestina tetapi dunia tidak akan berhenti untuk memberikan dukungan secara moral dan masif membela Palestina, meskipun hanya dengan tindakan sederhana tetapi ini akan memberikan setidaknya implikasi yang bertahap karena masalah ini menyangkut kemanusiaan dan hal ini bahkan memunculkan statement bahwa seseorang yang menutup mata mengenai isu Palestiana berarti dia tidak lagi bisa dikatakan sebagai manusia yang memiliki nurasi dan empati.

 

Referensi

Al-Jazeera. (2016). A century on: Why arabs resent sykes-picot. A century on: Why Arabs resent Sykes-Picot; Al-Jazeera. https://interactive.aljazeera.com/aje/2016/sykes-picot-100-years-middle-east-map/index.html

 

Onion, A., Sullivan, M., Mullen, M., & Zapata, C. (2019). Britain and france conclude sykes-picot agreement. HISTORY; A&E Television Networks. https://www.history.com/this-day-in-history/britain-and-france-conclude-sykes-picot-agreement

 

(Author : Neng Susi)

Sumber: