Legenda Katak Ingin Menjadi Lembu

Legenda Katak Ingin Menjadi Lembu

Ilustrasi/Pixabay--

Jakarta, AktualNews-Suatu ketika di sebuah kandang lembu ada seekor katak batu yang rupanya rajin mengamati si lembu dari balik bongkahan batu.

Setiap hari si katak melihat pemilik lembu selalu memberikan makanan rumput segar, memandikan, dan mengajaknya jalan ke padang rumput hijau nan luas.

BACA JUGA:Katakan Aku Ingin Hidup Seribu Tahun

Pada suatu kesempatan, katak batu itu mendekati si lembu yang sedang makan. Katanya dengan nada sinis,

“Hai, lembu. Enak sekali hidupmu. Setiap hari kau selalu mendapat perhatian dari manusia dan juga selalu dikasih makan. Kau selalu dirawat dan diajak jalan-jalan di padang rumput hijau. Semua itu apa karena badanmu yang besar?”

Si lembu tak menjawab, ia terus makan dan makan.

“Hai…lembu dungu. Kalau hanya karena badanmu yang besar, kau mendapat perhatian manusia maka aku pun mampu menyamai besar tubuhmu. Nih…lihatlah!”

Si katak batu itu lalu segera memperagakan diri di hadapan lembu .

BACA JUGA:Bulus, Hewan Unik Yang Selalu Dikaitkan Dengan Akal Ada Apa ?

Katak batu itu menggelembungkan badannya. Bermula dari perut, kemudian leher, kaki, dan seterusnya. Perut katak batu itu sedikit demi sedikit membesar, dan kemudian terlihat begitu besar. Namun setelah membesarkan perut dan leher, rupanya badannya tak juga bisa menyamai lembu.

Si katak batu sangat penasaran, karena badannya belum juga mampu menyamai besarnya lembu itu. Perutnya terus digelembungkan lagi dan lagi… Akibatnya perut itu meletus. Isi perut berhamburan ke mana-mana. Si katak batu itu pun mati dengan kondisi yang sangat mengenaskan.

Diangkat dari cerita roman yang dikarang oleh Nur Sutan Iskandar yang diterbitkan tahun 1935 oleh Balai Pustaka yang masih relevan hingga kini. 

Pelajaran yang bisa diperoleh.. adalah orang yang lupa asal usulnya dan kemampuannya akan celaka. ***

 

Sumber:

Berita Terkait