Pasukan Oprasi Candi dan Aksi Keselamatan Lalulintas Tahun 2024 Resmi Dibuka

Pasukan Oprasi Candi dan Aksi Keselamatan Lalulintas Tahun 2024 Resmi Dibuka

--

Karanganyar, AktualNews - Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan diwilayah Hukum Polres Karanganyar

pada hari Sabtu tanggal 2 Maret 2024, Pukul 08.00 s.d 08.50 WIB di Jl.Lawu Depan Mako Polres Karanganyar telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan diwilayah Hukum Polres Karanganyar

Hadir dalam kegiatan yaitu Pejabat Bupati Karanganyar, Timotius Suryadi, S.Sos, M.Si Kapolres Karanganyar, AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy, S.I.K, M.Si, Dandim 0727 Karanganyar diwakili Kasdim 0727 Karanganyar, Mayor Chb SutaryanaWakapolres Karanganyar, Kompol Mardiyanto, S.A.P., M.H.Satpol PP Karanganyar, Ibu Yuniar, BPBD Karanganyar, Bp. hendro, Senkom Karanganyar, Bp. Abidin, Dishub Karanganyar, Bp. Dwi Setyo, Jasa Raharja, Bp. Wahyuanto, Gembala Kamtibmas Karanganyar, Dai Kamtibmas Karanganyar, PJU Polres Karanganyar Para Kapolsek Jajaran Polres Karanganyar Anggota Polres Karanganyar.

Amanat Kapolda Jawa Tengah yang di bacakan oleh Pj Bupati Karanganyar, Timotius Suryadi, S.Sos.M.Si, menyampaikan, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat allah SWT, tuhan yang maha kuasa, atas segala limpahan berkah, rahmat dan hidayah-nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita dapat melaksanakan gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan. 

Polri diberi tugas untuk meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik. Hal ini merupakan permasalahan yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh fungsi lalu lintas sendiri melainkan perlunya sinergitas semua stakeholder.

Dalam rangka mewujudkan cipkon kamseltibcarlantas menjelang ramadhan dan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan, polri telah menetapkan kalender operasi keselamatan lalu lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun. 

BACA JUGA:Maroko Tegaskan Komitmennya Mendukung Palestina di Mahkamah Internasional

Polda Jateng menggelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2024 selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 maret hingga 17 maret 2024 yang juga dilaksanakan secara serentak di seluruh indonesia. Dengan mengambil tema Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi-2024 “Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju”.      

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2024 mengedepankan giat preemtif, preventif disertai gakkum dengan humanis dan edukatif. Tujuan digelarnya operasi ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas sehingga tercipta kamseltibcarlantas. Diharapkan dapat berjalan lancar dan memberikan hasil positif dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat.

Perlu diketahui bersama bahwa data jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2023 sebanyak 664.480 pelanggaran, dibandingkan dengan tahun 2022 sebanyak 750.656 pelanggaran, turun 11% atau (86.176 pelanggaran). Jumlah tilang tahun 2023 sebanyak 278.022 lembar, dibandingkan tahun 2022 sebanyak 485.368 lembar, mengalami penurunan sebanyak 43% atau (207.346 lembar). Teguran pada tahun 2023 sebanyak 386.458 dibandingkan dengan tahun 2022 sebanyak 265.288, mengalami kenaikan sebanyak 46% atau (121.170 teguran).

Saya berharap jajaran direktorat lalu lintas mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi secara taktis, teknis dan strategis, agar dapat merubah mindset masyarakat menjadi sadar dan taat aturan lalu lintas. Dengan harapan, bila kerjasama antara polri, tni, pemerintah, dan masyarakat sudah terjalin dengan baik, tentunya mampu menciptakan kamseltibcarlantas dengan sendirinya, sehingga potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir.

Sebelum mengakhiri amanat, ada beberapa hal yang perlu saya tekankan berkaitan dengan pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2024, 

Senantiasa tingkatkan terus keimanan dan ketaqwaan terhadap allah swt tuhan yang maha esa sebagai landasan bertindak dan dalam kehidupan sehari-hari;

Sumber: