Fandi Si Kumis Konsisten Usaha Gorengan

Fandi Si Kumis Konsisten Usaha Gorengan

--

Jakarta, AktualNews -Fandi lelaki berusia 58 tahun ini belasan tahun tekun dalam menjual aneka gorengan di bilangan Palmerah Utara I, Jakarta Barat. Menurutnya, mulai harga Gotham Rp. 50,- per satuan hingga sekarang Rp. 1.000 per satuannya.

Ayah dari satu orang anak ini dua bulan sekali pulang kampung ke Kabupaten Indramayu, Jawa Barat bila terasa kangen dengan keluarga. Sang istri menambah penghasilan keluarga dengan bisnis kredit baju. Tidak lama di kampung, kembali lagi ke Jakarta.

BACA JUGA:Kurniawan : Lampung Penghasil Pepaya Nomor Satu

"Berangkat Jumat malam dan Selasa pagi sudah balik Jakarta dan langsung dagang di sini. Selama lima hari di kampung sudah cukup untuk melepas kangen pada keluarga," ungkap Fandi, Kamis (25/1) pagi sambil menggoreng pisang nangka.

Fandi mengaku mendapat penghasilan cukup dari usaha gorengan yang digelutinya lebih dari tiga puluh tahun silam. Bertani tidak ada lagi sawah yang dimiliki karena lahan semakin sempit di Indramayu. Sehingga ia lebih memilih berdagang di Jakarta.

Di kota Jakarta mayoritas pedagang gorengan adalah berasal dari Indramayu, Cirebon, Kuningan, Tasikmalaya dan Garut. Mereka ada yang menjual sendiri dan ada pula yang sudah punya anak buah.

BACA JUGA:Luar Biasa, Madam Cetering Banyak Dikunjungi Berbagai Kalangan

Ditaksir modal usaha gorengan dengan gerobak sederhana mencapai lima juta rupiah. Tapi, bisa lebih murah  lagi bila tanpa etalase seperti yang dimiliki oleh Fandi. Cukup dengan modal tiga juta, yaitu bikin gerobak dan peralatan masak dua setengah juta dan lima ratus ribu untuk bahan bakunya.***

Sumber: