Yulia Lahudra: Kegiatan Cinta Hidroponik di Kalangan Remaja Sebagai Penyaluran Bakat Positif

Yulia Lahudra: Kegiatan Cinta Hidroponik di Kalangan Remaja Sebagai Penyaluran Bakat Positif

--

Bogor, AktualNews -Pada Kamis 21 Desember 2023 pagi  tadi bertempat di Desa Suka Makmur, Ciomas, Bogor seorang tutor pertanian bernama Oim Abdurahim memberikan pelatihan bagaimana cara bercocok tanam secara Hidroponik. Media bercocok tanam tanpa membutuhkan media tanah alias hanya bergantung pada air.

Selain teori pengenalan spesifikasi tanaman Hidroponik, keuntungan dan kelemahan dari Hidroponik, mengenalkan jenis pupuk yang cocok, juga para peserta diajak untuk melihat langsung tanaman Hidroponik di dalam _green house_ yang berada di dekat saung pelatihan.

BACA JUGA:Bekali Siswa Jadi Pengusaha SMK YAK 1 Gelar Market Day Sekaligus Pentas Seni

Para siswa-siswi  para siswa dari Program Paket C dan Paket B dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) NOORWANGSA, BOGOR. Mereka didampingi oleh guru pendamping Yulia Lahudra SH SPd MM yang biasa memberikan pelajaran bagi para siswa Paket C dan Paket B.

"Ada 2 jenis pelatihan yang disampaikan oleh tutor Oim Abdurahim, pertama terkait teori dan cara menanam. Dan kedua, terkait bagaimana cara panen dan pasca panen dari produk yang dihasilkan," jelas Yulia.

Menurut Yulia, kegiatan seperti patut diperhatikan oleh pemerintah. Karya dan kreativitas anak bangsa bila dihargai niscaya akan memberikan motivasi kepada semua pihak untuk meraih kesuksesan.

BACA JUGA:Pangdivi 2 Kostrad Pimpin Karya Bakti Pembersihan dan Penghijauan di Gunung Lawu yang Terdampak Karhutla

" Sangat diharapkan insentif dari pemerintah untuk memberikan bantuan kepada semua aktivitas yang menunjang produktivitas pemenuhan kebutuhan pangan," lanjut Yulia.

"Kami lihat selama ini monopoli anggaran oleh pemerintah kadang dilakukan oleh orang dekat kekuasaan saja. Lihat saja program _Food estate_ di Kalimantan, adakah signifikan dalam pemenuhan pangan dan pembinaan kepada masyarakat? Sedikit sekali, bukan?" Tanya Yulia sambil menutup keterangannya.***


Sumber: