21 Rumah Korban Bencana Puting Beliung di Desa Ciapus Dapat Bantuan Rehab

21 Rumah Korban Bencana Puting Beliung di Desa Ciapus Dapat Bantuan Rehab

--

Bogor, AktualNews - Bencana Angin Puting Beliung yang terjadi beberapa hari lalu di beberapa desa Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor yang berdampak kepada lebih dari seribu rumah mengalami rusak ringan, rusak sedang hingga rusak berat. 

Salah satunya di Desa Ciapus, ada 319 rumah yang terdampak bencana angin puting beliung. 

Pendi Bin Asim Kepala Desa Ciapus kepada awak media ini menuturkan ada 21 rumah yang mendapat bantuan rehab dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor. 

"Kami mendapatkan Bantuan BTT (Bencana Tak Terduga) dari DPKPP bagi 21 unit rumah yang terdampak bencana angin puting beliung yang terjadi dibulan oktober lalu, saat ini on progres sebagian sudah dikerjakan, mudah-mudahan dalam 1 hingga 2 minggu kedepan sudah selesai," terang Pendi di ruang kerjanya, Selasa (12/12). 

Dia menjelaskan dari 319 rumah terdampak Angin Puting Beliung mulai dari yang rusak ringan, sedang hingga berat semua didata dan dilaporkan ke BPBD. 

Setelah di Assesmen dari 319 rumah mengerucut menjadi 105 rumah, karena keterbatasan anggaran yang bisa mendapat bantuan hanya sejumlah 21 unit rumah. 

Kami dari awal sudah menginformasikan kepada warga terdampak, dengan bencana ini tugas kami di Pemdes pertama melaksanakan peninjauan lapangan kemudian melaporkan ke BPKPP melalui BPBD kemudian BPBD menentukan mana yang mendapat bantuan. 

"Kami ingin semua tercover karena keterbatasan anggaran dari Pemerintah Kabupaten Bogor, maka kepada yang tidak tercover yang rusak ringan dan sedang untuk memperbaiki sendiri atas kesadaran sendiri karena kondisinya seperti itu," jelas Pendi. 

BACA JUGA:Empat Pekerja Tewas Akibat Tangki PMKS Meledak

Pendi menegaskan bahwa bantuan tersebut diturunkan melalui Pokmas, nilainya berpariasi tergantung tingkat kerusakan, perunit 10 - 15 juta maksimal hingga 20 juta. 

"Kami sampaikan kewarga bahwa bantuan setiap rumah akan berbeda nilainya, sudah kita sampaikan sesuai Assesmen dari DPKPP penilaian perhitungan anggaran bantuan,"ucapnya.

Selain itu bantuan Sembako juga diberikan Dinas Sosial kepada seluruh warga yang terdampak bencana puting beliung berupa beras, pop mie, minyak, sarden dan susu

BACA JUGA:Banjir Bandang Terjang Kawasan Wisata Pemandian Sembahe

Sumber:

Berita Terkait