Pasukan Israel Temukan Terowongan Lintas Gaza, Ini Yang Dilakukan

Pasukan Israel Temukan Terowongan Lintas Gaza, Ini Yang Dilakukan

Ilustrasi Pixabay --

Jakarta, AktualNews - Pasukan Militer temukan  apa yang mereka klaim sebagai pintu masuk terowongan Hamas di bawah rumah sakit yang dievakuasi di Gaza utara.

Lorong tersebut ditemukan pasukan zeni militer Israel dan mengisi lorong tersebut dengan gel peledak dan menembakkan detonatornya seperti dikutip dari Antara.

Akibatnya ledakan itu melanda gedung tersebut dan menimbulkan asap yang keluar dari setidaknya tiga titik di sepanjang jalan terdekat di distrik Kota Beit Hanoun, Gaza, hal tersebut seperti terlihat dari rekaman video pengawasan di daerah tersebut.

BACA JUGA:Israel Kuasai Gaza dan Mengepung Dengan Kendaraan Lapis Baja

"Gel itu menyebar dan meledakkan apa pun yang ada di terowongan," kata seorang perwira militer kepada wartawan pada sebuah pengarahan di Pangkalan Angkatan Darat Zeelim di Israel selatan.

Moment ini dimanfaatkan Israel untuk Membersihkan terowongan yang dianggap sebagai bagian penting dari kampanye militer Israel melawan Hamas di Jalur Gaza sebagai respons terhadap serangan mematikan kelompok militan Palestina di Israel selatan pada 7 Oktober.

Dikatakan dalam informasi yang kami himpun ketika tidak menggunakan amunisi untuk memetakan bunker, lubang akses dan terowongan yang menurut kedua belah pihak membentang ratusan kilometer di bawah Gaza, pihak tentara memilih robot pelacak dan teknologi lain yang dioperasikan dari jarak jauh.

Perwira itu tidak dapat diidentifikasi berdasarkan aturan pengarahan tersebut, dan menolak memberikan rincian lebih lanjut tentang peristiwa pertempuran bawah tanah yang menurutnya masih dalam proses. Dia tidak menyebutkan nama rumah sakit di Beit Hanoun, seperti dikutip dari Antara Sabtu 18 November 2023.

BACA JUGA:Israel Serang Ambulan di Dekat Rumah Sakit, 15 Orang Tewas dan 60 Luka-luka

"Di Beit Hanoun, tempat pasukannya beroperasi, beberapa pria bersenjata menyerbu militer Israel dari terowongan dan terbunuh, " ujarnya.

Lanjutannya kebijakan Israel,  adalah tidak mengirimkan personel ke arah lain untuk menghadapi para pejuang Palestina yang akan mendapatkan keuntungan di jalur-jalur yang sempit, gelap, kurang ventilasi, dan rentan runtuh, yang sudah mereka kenali.

"Kami tidak mau turun ke sana. Kami tahu mereka meninggalkan kami banyak bom samping (alat peledak rakitan)," ucapnya.

Salah satu bom tersebut, yang dipasang pada penutup terowongan akses di permukaan tanah, telah menewaskan empat anggota pasukan cadangan khusus pekan lalu.

BACA JUGA:Pengadilan Israel Menolak Amnesty International karena Kurangnya Bukti

Sementara itu menurut keterangan
Hamas memiliki terowongan untuk penyerangan, penyelundupan dan penyimpanan, kata sumber keamanan. Puluhan lubang akses dapat mengarah ke setiap terowongan pada kedalaman antara 20 dan 80 meter.

Menghancurkan sebuah lubang akses relatif mudah dan cepat, kata perwira itu, sambil menambahkan: "Peleton mana pun dapat melakukannya."

Informasi yang kami himpun setelah menemukan Terowongan Lintas Gaza militer Israel mengatakan pekan lalu bahwa 130 lubang akses telah dihancurkan sejauh ini, tetapi tidak menyebutkan jumlah terowongan yang dihancurkan.***

Sumber: