Potong Tumpeng dan Debus Banten Tandai Hari Milad Ke 2 Tahun PPSTB, Padepokan Macan Putih Kemiri

Potong Tumpeng dan Debus Banten Tandai Hari Milad Ke 2 Tahun PPSTB, Padepokan Macan Putih Kemiri

--

Tangerang, AktualNews - Perguruan Pencak Silat Terumbu Banten (PPSTB), Padepokan Macan Putih Kemiri Peringati hari jadi ke 2 tahun dengan do'a bersama dan potong tumpeng sebagai tradisi adat bangsa Indonesia juga sebagai ungkapan rasa syukur dan simbol penyeimbang alam semesta, lambang pengharapan dan kemakmuran serta moral yang luhur”. Sabtu, 04 november 2023.

Kegiatan yang berlokasi di halaman sekretariat PPBNI atau Ormas Satria Banten DPAC Kecamatan Kemiri itu, dihadiri oleh Seluruh Pengurus dan anggota PPSTB, Padepokan Macan Putih Kemiri, serta para Pembina yakni Johan, dan Ipda Rusdi, Drs. Adung Abdul Haris, S.Ag, penasihat, serta para Dewan guru dari PPSTB Kabupaten Tangerang yaitu Ali Rohman, Para dewan guru dan dewan pelatih PPSTB. Baik tingkat daerah Sampai Pusat yang diwakili oleh Ki Welang dari PPSTB Tangerang Raya. Juga terlihat hadir para Para stakeholder dari pemerintah setempat yakni Camat kemiri Hendarto S. STP, M.Si didampingi oleh staffnya yakni Ahmad Hilman S.H,. Dan Para tokoh masyarakat, para tokoh ormas se_Kecamatan Kemiri serta warga masyarakat setempat.

Pencak silat Terumbu Banten adalah warisan leluhur asli wong Banten, dalam rangka peringatan milad Padepokan Macan Putih Kemiri ini sebagai simbol kecintaan kita terhadap seni budaya Banten dalam upaya untuk dapat melestarikannya. Seraya Yaman kalahideung mengatakan kepada media ini,

BACA JUGA:Ketua PPBNI Satria Banten dan Padepokan Macan Putih Kemiri Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H

 "Semoga dihari milad PPSTB Padepokan Macan Putih Kemiri yang kedua tahun ini, kita semua bisa menjaga dan melestarikan warisan leluhur Pencak Silat Terumbu asli dari Banten. Semoga kegiatan sakral ini dapat menginspirasi dan memotivasi kepada semua". Pungkas sosok ketua Padepokan Macan Putih Kemiri yakni Yaman kalahideung.

Ali Rohman selaku Ketua PPSTB Kabupaten Tangerang menambahkan, "Pada kegiatan Milad padepokan macan putih kemiri ini, kami dari PPSTB menampilkan kebudayaan-kebudayaan Banten terutama Pencak Silat dan Debus Banten yang diperankan oleh para ahli dari dewan guru. Saya ucapkan terima kasih kepada para pengurus Padepokan Macan Putih bisa menampilkan pesilat-pesilat regenerasi yang membanggakan bagi saya. Tak lupa, saya ucapkan selamat milad yang ke dua tahun kepada Padepokan Macan Putih Kemiri, semoga semakin jaya, semakin kompak dan semakin bersatu", Tuturnya.

Masih di tempat yang sama, Drs. Adung Abdul Haris, S.Ag menyampaikan, " di moment perayaan Milad padepokan macan putih yang kedua ini, mudah-mudahan bisa mengelaborasi sejarah seni budaya silat Terumbu Banten yang setelah sekian lama berdiri diawal abad 15, sekitar 500 Tahun lalu. keberadaan Pencak Silat Terumbu Banten sekaligus silat yang tertua yang ada di wilayah Banten. Semoga PPSTB Padepokan Macan Putih jaya selalu", Pungkas Penasihat Padepokan Macan Putih Kemiri, juga sekaligus seorang penulis dengan karyanya "BUKU SEJARAH SUMUR SENTUL". 

Pada peringatan milad Padepokan Macan Putih yang kedua tahun, selain mengajak masyarakat yang hadir untuk do'a bersama juga disertai penandaan potong tumpeng sebagai rasa syukur dan juga melaksanakan berbagai kegiatan penampilan Pencak Silat Terumbu Banten dari para anggota PPSTB Padepokan Macan Putih dan padepokan macan Brengos. Tidak hanya itu penampilan Debus Banten juga diperagakan oleh para ahli dari PPSTB.

BACA JUGA:Serba Serbi Seputar Padepokan Tadji Mallela Pusaka yang Banyak Meraih berbagai Medali di Setiap Event

Ki Welang sebagai Perwakilan dari DPW PPSTB yang hadir di kegiatan tersebut juga berkesempatan menyampaikan selamat milad kepada Padepokan Macan Putih Kemiri yang kedua tahun.

"Saya mewakili Guru besar dari DPP dan DPW Perguruan Pencak Silat Terumbu Banten mengucapkan selamat hari milad yang kedua tahun untuk padepokan macan putih kemiri semoga semakin jaya selalu, sukses dan Maju". ungkapnya.***

Sumber: