Upgrading Kepemimpinan Pembelajaran BBGP Provinsi Jawa Tengah Mendukung PenuhTransformasi Pendidikan

Upgrading Kepemimpinan Pembelajaran BBGP Provinsi Jawa Tengah Mendukung PenuhTransformasi Pendidikan

--

Karanganyar, AktualNews - Beragam acara dari seminar pendidikan dan hiburan seni tersaji dalam satu kemasan acara Mengundang Guru Penggerak Angkatan 5,6,dan7 diwilayah Jawa Tengah total peserta terundang sebanyak6000orang. Digelar di Edutorium UMS,rangkaian kegiatan Apresiasi ini berlangsung dari tanggal 20-22Oktober2023.

Rangkaian awal dari kegiatan ini adalah Simposium Pengembangan Sekolah yang dilaksanakan diHotel Lor in.Pembukaan kegiatan Simposium dibuka oleh Kepala BBGP ProvinsiJawaTengah Darmadi,S.Pd.,M.Pd pada Jumat (20/10/2023).

Simposium Pengembangan Sekolah adalah kegiatan mengundang Guru Penggerak untuk mengirimkan naskah berbagi praktik baik yang dimiliki.Tema naskah praktik baik terdiri dari 6tema, yaitu:(1)Kemampuan Literasi;(2)Kemampuan numerasi ;(3)Karakter;(4)Iklim keamanan sekolah;(5)Iklim kebhinekaan; dan(6)Kualitas pembelajaran.

BACA JUGA:Mengenang Tugu Botol Kecap di Cisarua Yang Legendaris, Setelah 40 Tahun Berdiri Akhirnya Dibongkar

Sejumlah1.239 naskah praktik baik telah masuk untuk melalui proses seleksi dan 600 naskah terpilih untuk terlibat dalam kegiatan Simposium. 

Diantaranya,10 Guru Penggerak yang terpilih pada setiap tema Simposium menjadi pembicara untuk berbagi praktik baiknya.

Hari kedua, Sabtu (21/10/2023) 10 pembicara dari masing-masing tema memaparkan praktik baiknya.Untuk selanjutnya dari masing-masing tema diambil 1pembicara untuk terlibat dalam kegiatan Seminar pembelajaran dan pembicaradi EdutoriumUMS.

Minggu (22/10/2023) dan merupakan puncak acara Upgrading Kepemimpinan Pembelajaran yang diselenggarakan diEdutoriumUMS. Dihari ketiga ini dikemas dengan acara talkshow dengan 3 temabesar yaitu (1)Talkshow berbagi praktik baik pengembangan sekolah dengan narasumber dari 6 guru penggerak yang terpilih dalam kegiatan simposium di Lorin dengan moderator Simon Rafael dan Rusiati Yo dariYayasan Sinambung Indonesia.

(2)Talkshow Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didik yang Menyenangkan dengan narasumber Muhammad Nur Rizal selalu FounderGerakanSekolah Menyenangkan, dan Moderator (DirektoratKepalaSekolahPengawas SekolahdanTenagaKependidikan),

(3)Talkshow kepemimpinan PembelajarPembelajaran Dengan Narasumber(FounderSekolahCikal)

 Moderator Nunuk Suryani DirekturJendralGurudanTenaga Kependidikan Usai Membuka acara tersebut menyampaikan, "Guru Penggerak akan selalu mengafokasi kepada para Kepala Daerah agar Guru yang PLT dan Pensiun digantikan oleh Guru Penggerak , kepemimpinan pendidikan seperti jadi pengawas , kepala sekolah itu diganti oleh guru penggerak , karena guru penggerak sudah disiapkan kopenstansinnya, Sudah siap menjadi Pemimpin Pendidikan." Terangnya pada wartawan di Euduteorium UMS . Pada Minggu (22/10/2023).

BACA JUGA:That's How Strong My Love Is The Rolling Stones Begini Liriknya

Selain talkshow ada juga hiburan-hiburan yang disajikan oleh perwakilan guru penggerak dan bintang tamu“NdarboyGenk”.

Sumber:

Berita Terkait