1400 Personel Terlibat Dalam Sispamkota di Medan

1400 Personel Terlibat Dalam Sispamkota di Medan

--

Medan, AktualNews - Sedikitnya, 1400 personel terlibat dalam Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) yang dilaksanakan oleh Polda Sumut, di depan Kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Kamis (12/10/23).

Polda Sumut juga menggandeng TNI dan sejumlah instansi terkait sebagai persiapan pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

“Kita melibatkan 1400 personel mulai dari anggota yang berada di lokasi. Kita mengambil tempat di depan KPU Sumut, dimana ini nanti salah satu tempat yang akan berkaitan dengan tahapan pemilu,” kata Karo Ops Polda Sumut, Kombes Pol Victor Togi Tambunan di lokasi.

BACA JUGA:Pangdam I/BB: Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Bermakna Bagi Kehidupan Prajurit

Kemudian, objek-objek vital, termasuk anggota yang merekayasa arus lalu lintas dan anggota yang ditugaskan untuk melakukan penyekatan dari Polres-Polres penyangga menuju Kota Medan juga diutamakan.

Dijelaskannya, Sispamkota itu diawali dari tahapan awal kampanye hingga pada pengamanan tahapan akhir penghitungan suara.

“Hari ini kita melakukan sistem pengamanan kota yang diselenggarakan dalam rangka persiapan menjelang tahapan inti Pemilu. Kita mengasumsikan berapa skenario dan melibatkan personel baik dari jajaran Polda Sumut, Polrestabes, Polres-polres penyangga Kota Medan termasuk dari teman-teman TNI, Dishub dan instansi terkait,” ucapnya lagi.

BACA JUGA:Gelar acara Maulid Nabi, Kepala Desa Sukamurni Balaraja Mengajak Warga Meneladani Akhlak Rosulullah

Simulasi pengamanan, kata dia, mulai dari demo yang damai hingga demo anarkis. Namun, ia berharap ke depan tidak terjadi demo anarkis.

“Kalau simulasi yang dilakukan secara terbuka ini akan dilakukan selebihnya latihan-latihan tetap dilakukan tapi mungkin tidak bentuk dalam seperti ini, kecuali nanti dalam dinamikanya diperlukan adanya bentuk antisipasi lebih lanjut,” ucap Victor.***

Sumber:

Berita Terkait