Benarkah Menggunakan Kata " Anda " Kurang Sopan Dengan Lawan Bicara ?

Benarkah Menggunakan Kata

Ilustrasi Pexels --

Jakarta, AktualNews - Seringkali ada seseorang tersinggung dengan ucapan lawan bicara manakala menggunakan kata " Anda ".

Berkata dengan lawan bicara memang perlu kehati-hatian sebab seseorang bisa saja tersinggung dan tidak suka dengan kata-kata yang diucapkan, terlebih apabila tidak tepat saat menggunakan kata pengganti, misalnya Anda, Kamu atau nama panggilan.

BACA JUGA:30 Kata Bijak John Lennon, Pendiri dan Musisi Legendaris The Beatles

Menggunakan kata " Anda " menurut penempatan tidak tepat jika digunakan dengan sahabat ataupun orang yang telah lama kita kenal disisi lain kata "Anda" lebih memberikan kesan jarak dan tidak mengakrabkan diri.

Penggunaan kata "Anda" mungkin lebih cocok untuk hal yang formal seperti atasan dengan bawahan di dunia kerja, dan kata " Anda " lebih cocok untuk digunakan saat menulis artikel karena lebih luas.

BACA JUGA:Menjadi Orang Tua Bijak Dalam Sudut Pandang Islam

Jika kita menggunakan kata " Anda " dengan lawan bicara baik melalui WhatsApp ataupun secara langsung perhatikan juga kondisi dan lawan bicara kita, kerena ini akan menimbulkan persepsi buruk dimata lawan bicara, mungkin terkesan angkuh dan sombong.

Nah bijaklah dalam penggunaan bahasa yang tepat sebab bahasa memiliki etika dan moral yang memerlukan pertanggungjawaban dampak akibatnya.***

Sumber: