Pemdes Ciherang Ubah Tempat Sampah Liar Jadi Jalan Betonisasi

Pemdes Ciherang Ubah Tempat Sampah Liar Jadi Jalan Betonisasi

--

Bogor, AktualNews - Program Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Bogor bertujuan dalam rangka peningkatan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur desa. 

Pemdes Ciherang Kecamatan Dramaga dalam Program Sami Sade TA. 2023 melaksanakan Pembangunan Infrastruktur TPT (Tembok Penahan Tanah/Tebingan) dan Betonisasi Jalan di Kp.Ciherang Kaum RW. 10.

Pembangunan TPT dan Betonisasi Jalan tersebut diangarkan dari APBD Kabupaten Bogor sebesar Rp. 1 M, Tahap 1 60 persen dari total anggaran sudah direalisasikan dan pengerjaan baru berjalan 3 hari lalu, demikian disampaikan Nanang Junaedi Kasi Perencanaan Desa Ciherang Kecamatan Dramaga yang juga selaku Ketua TPK Sami Sade TA. 2023, belum lama ini. 

"Sebelum pelaksanaan tentunya kita lakukan sosialisasi terlebih dahulu, kemudian pembenahan lokasi dan dilanjut dengan penggalian dan perataan jalan," jelas Nanang. 

BACA JUGA:Pekerja proyek di Bamon Spektrum Frekuensi Radio Kelas 1 Tangerang Abaikan Perlengkapan Keselamatan Konstruksi

Nanang menyebut lokasi tersebut sebelumnya kerap dijadikan lahan pembuangan sampah liar oleh masyarakat, oleh karenanya berdasar hasil musrembang untuk penataan lingkungan, meningkatkan kesehatan dilingkungan sekitar, karena kondisi lokasi tersebut yang tadinya tempat sampah liar, kita buat TPT dan Jalan prosesnya betul-betul dari nol. 

"Karena TPT dan Betonisasi dalam 1 area pelaksanaan pembangunan kita dahulukan TPTnya sehingga tidak mengganggu akses lain," ucap Nanang. 

Alhamdulillah pekerjaan ditahap pertama ini berjalan lancar, pengerjaan dilakukan tahapan sesuai regulasi 60 : 40, tahap pertama 60 persen atau sebesar Rp. 600 juta dengan pengerjaan TPT, bila sudah mencapai 80 - 90 persen berlanjut ke Betonisasi Jalan, jadi bertahap agar pengerjaan tidak saling mengganggu, tambahnya. 

Dikatakan Nanang Volume TPT Panjang 180 M, Tinggi 3 M dan ketebalan dari bawah 1 M diatas 30 Cm. Sedang Betonisasi jalan Panjang 455 M, Lebar 4 Meter dengan tinggi atau ketebalan 0,12 M. 

Masih kata Nanang untuk pelaksanaan pengerjaan, tenaga pekerja dari 3 unsur yaitu TPK Desa, Tenaga Ahli dan Masyarakat selain itu ada keterlibatan para pendamping dan juga tenaga yang diperbantukan di desa pada kegiatan bentuan keuangan infrastruktur desa ini yaitu UPT. 

"Untuk pemberdayaan masyarakat sendiri dengan Program Padat Karya Tunai dan warga langsung terlibat dalam pengerjaan fisiknya," ucapnya. 

BACA JUGA:Bupati Erik Gelar Gala Dinner bersama Ikatan Pelajar Al Washliyah Provsu

Sumber: