Peringati Upacara Pengibaran Bendera HUT RI ke-78 di Aceh Tenggara Berjalan Lancar dan Meriah

Peringati Upacara Pengibaran Bendera HUT RI ke-78 di Aceh Tenggara Berjalan Lancar dan Meriah

--

Aceh Tenggara, AktualNews - Upacara pengibaran bendera merah putih memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78 Tahun 2023 yang diselengharakan di Tanah Lapang Jendral Ahmad Yani Kutacane, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara Propinsi Aceh tepatnya pada hari Kamis (17/08/2023) berlangsung Lancar Dan sangat meriah, Bertindak selaku inspektur Upacara (Irup) Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tenggara, Drs. Syakir. M. Si. 

Suasana terlihat khidmat saat berlangsungnya upacara pengibaran bendera merah putih , tampak Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Aceh Tenggara dengan penuh rasa kekompakan dan Tanggung jawab membawa baki berisikan bendera merah putih untuk disampaikan ke inspektur upacara Drs. Syakir. M. Si., untuk nantinya dikibarkan.

Patauan Media AktualNews di lokasi upacara yang Bertindak sebagai komandan upacara Kapten Inf Jujur Lubis Danramil 02/Bambel Kodim 0108/Agara, sedangkan Komandan Pasukan Paskibraka, Leknan 2 Inf M. Reza Nurwindias., S. Tr. Han. Danton 03 Kipam A. Yonif 114/SM. Sedangkan barisan upacara tampak diantaranya, Pasukan TNI, Polri, ASN, Pol-PP dan WH, Tagana, Basarnas, SMA, Mahasiswa Serta turut dihadiri Anggota Komisi IV DPR RI, H. M. Salim Fakhry, SE, MM, Forkopimda dan OPD serta para instansi vertikal se Kabupaten Aceh Tenggara (Agara)

Sementara itu, Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara HUT RI yang ke-78 Tahun 2023 tersebut yakni, Pembawa Baki, Natasha Fitri Aulia pelajar SMA N- I Kutacane, anak dari Bapak Sunanto.        

BACA JUGA:Detik - Detik Proklamasi HUT RI Ke-78, Bupati Labuhanbatu Bertindak Sebagai Inspektur Upacara

Pengibar Bendera posisi kanan, Rudi Welmartin Asal Pelajar SMA-N 1 Lawe Bulan, Anak dari Wesli Silaban.

Sementara pengibar Bendera posisi kiri, Maikel Iknasius asal Pelajar SMK-N 1 Kutacane, Anak dari Bapak Diben Siregar.

Dan pengibar Bendera posisi tengah, Defri Riansyah, asal Pelajar SMA-N 1 Darul Hasanah, Anak dari Bapak Kamaludin.

Adapun Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan bertemakan “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, diawali dengan melantunkan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an, lalu dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih.

BACA JUGA:Detik - Detik Proklamasi HUT RI Ke-78, Bupati Labuhanbatu Bertindak Sebagai Inspektur Upacara

Lalu sampailah kepada Detik-detik proklamasi serta pembacaan teks proklamasi yang dibacakan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Agara, Jamudin Selian, dan diteruskan dengan pembacaan Do'a yang dipimpin oleh Kepala Dinas Syariat Islam M iqbal Selian S. Ag.

Momen tersebut memiliki pesan moral tersendiri bagi setiap pemuda bagi generasi penerus bangsa agar senantiasa berjiwa ksatria, memiliki tanggung jawab yang besar untuk terus menjaga dan memelihara kemerdekaan dengan semangat patriotisme dan cinta tanah air sebagaimana yang telah diperjuangkan oleh para Pahlawan pendahulu. Bahwa kemerdekaan yang diperoleh bukanlah merupakan hadiah namun penuh dengan perjuangan yang acapkali diwarnai dengan pertumpahan darah,mengorbankan Harta Benda jiwa dan Raga.

BACA JUGA:HUT RI Ke- 78, 597 Anak Binaan dan Tahanan Lapas Kelas IIA Rantauprapat Memperoleh Remisi

Sumber: