LSM GEMPUR DPD Provinsi Banten Soroti Desa Kemiri, Terkait Keluhan Warganya

Minggu 01-09-2024,15:40 WIB
Reporter : Suherman Roy
Editor : Suherman Roy

Tangerang, AktualNews - Lembaga Swadaya Masyarakat, Gerakan Pemantau Kinerja Aparatur Negara (LSM GEMPUR) DPD Provinsi Banten menyambangi rumah Awiti (68), warga kurang mampu yang tinggal di Desa Kemiri, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang. Jum'at, 30/08/2024.

Ketua LSM GEMPUR DPD Provinsi Banten yakni ILham Saputra C.BLS, biasa disapa Pa Put bersama jajarannya meninjau langsung ke lokasi.  

Melihat kondisi memprihatinkan dialami oleh Ibu Awiti, yang tinggal di rumah tidak layak huni. Ibu Awiti pun tak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah, baik itu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan tidak juga terdaftar sebagai penerima program Kartu Indonesia Sehat (KIS). 

 

Sebelumnya, ibu Awiti tinggal di rumah tidak layak huni, satu rumah diisi oleh tiga kepala Keluarga bersama kedua anaknya yang sudah berkeluarga, Nurhayati dan Sartikah. Pada tahun 2023 lalu, Sartikah mendapatkan bantuan bedah rumah. Namun Awiti dan Nurhayati masih bertahan di rumah tidak layak huni tersebut. 

 

Usai berita yang tayang sebelumnya, Camat Kemiri yakni Hendarto bersama Ketua FORSIL Kecamatan Kemiri dan anggotanya, merespon cepat dan melakukan kunjungan langsung ke rumah Ibu Awiti dan memberikan bantuan berupa sembako. 

BACA JUGA:Kemana Kades Kemiri ? Camat Kemiri dan Pengurus FORSIL Sambangi Warganya di Desa Kemiri

Kemudian, Pasca Upacara Bendera di HUT RI Ke 79 tahun, Kepala Desa Kemiri dan Staffnya juga Menyambangi ibu Awiti sekaligus memberikan bantuan serupa. 

"Meskipun Camat Kemiri dan Kades Kemiri sudah berkunjung ke rumah Awiti, dan berjanji akan memproritaskan agar ibu Awiti mendapatkan bantuan, baik itu bedah rumah maupun bantuan sosial lainnya. Tetapi sebagai sosial kontrol tetap kami akan mempertanyakan kepada pihak-pihak terkait, ada apa dengan Pemerintahan Desa Kemiri? "Tandas Pa Put kepada Media ini.

Sebagai bentuk prihatin dan kepeduliannya, ILham Saputra, C.BLS, ketua LSM GEMPUR DPD Provinsi Banten, bersama Muhamad Taufik Kabid pengembangan usaha, A Jaenal Arifin bendahara DPD provinsi Banten, Asdi Antana Kabid Pengawasan anggaran negara dan para anggota lainnya merespon hal tersebut dan meninjau langsung ke lokasi untuk melihat kondisi Ibu Awiti. ibu Awiti membenarkan bahwa dirinya tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah saat ditanya oleh Pa Put. "Saya belum pernah mendapatkan bantuan BLT, PKH, BPNT dan Kartu BPJS Kesehatan," ungkap Ibu Awiti kepada Pa Put. Pada Jumat, (30/8/2024).

Sebagai bentuk nyata atas prihatinnya kepada Awiti, LSM GEMPUR berupaya membantu meringankan Ibu Awiti untuk mendapatkan akses layanan kesehatan, dan menyerahkan kartu BPJS Kesehatan kepada Ibu Awiti dan Nurhayati. Serta memberikan bantuan uang tunai sebagai bentuk kepeduliannya.

Kategori :