Musrembang Desa RKP Tahun 2024 Pemdes Semplak Barat 70 Persen Pembangunan Infrastruktur

Minggu 24-09-2023,21:29 WIB
Reporter : Dharma
Editor : UG DANI

Bogor, AktualNews - Musrembangdes atau Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa merupakan musyawarah yang rutin dilaksanakan  oleh perintahan desa. 

Sebagaimana diketahui  Musrembang Desa dilaksanakan dalam rangka  menjaring aspirasi dan masukan yang sudah diusulkan di Musyawarah Desa, kemudian  Pembahasan dan penyepakatan Rancangan RKP dan penyepakatan Daftar Prioritas Usulan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2024 yang selanjutnya akan diusulkan melalui Musrenbang Kecamatan Tahun 2024.

Sebagaimana yang dilaksanakan Pemerintah Desa Semplak Barat Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. 

BACA JUGA:Pembangun dan Ketahanan Pangan Menjadi Skala Prioritas Musrenbang Desa Pasir Jaya

Musrembang Desa Semplak Barat dilaksanakan di Aula Kantor Desa, Jum'at (22/9) baru lalu yang turut dihadiri Camat Kemang, Kasi Ekbang Kecamatan Kemang, Kepala Desa Semplak Barat, Ketua LPM - Ketua BPD, Penggerak PKK, Kades Pos Yandu, Tokoh Masyarakat, Pendamping Desa, Kepala SDN dan MI, Unsur UPT, Ketua RT/RW, Babinsa, Babinmas dan undangan lainnya. 

Kades Semplak Barat Abdul Rahman usai acara kepada awak media mengatakan Rencana Kerja Pembangunan Desa  (RKPDdes) Tahun 2024 banyak usulan, namun hasil kesepakatan masih didominasi Pembangunan Infrastruktur 70 Persen sedang Non Infrastruktur 30 Persen. 

"Ada perubahan dalam Usulan Musdes ke Musrembangdes, namun hanya tambahan saja, jadi pada dasarnya sesuai dengan hasil dari Musyawarah Dusun dan Musyawarah Desa,"ucap Abd. Rahman.

BACA JUGA:Musrenbang RKPD Kabupaten Bogor Untuk Perencanaan Tahun 2024

30 Persen Non Infrastruktur seperti Bidang Pemberdayaan yaitu kegiatan pelatihan Perangakta Desa dan Lembaga yang ada termasuk untuk pembinaan kepemudaan dan lainnya. 

"Jadi Skala Prioritas masih di Infrastruktur Jalan dan TPT," jelasnya. 

Abd. Rahman menyebut dengan banyaknya usulan-usulan dari masyarakat ini kitapun tentunya harus mengingat kepada dana yang kita terima,  mudah-mudahan dana untuk tahun 2024 bisa mengcover apa yang diusulkan masyarakat. 

BACA JUGA:Buka Musrenbang Siantar Timur, dr Susanti Minta Camat dan Lurah Serius Layani Masyarakat

Terkait usulan pembangunan ditahun kemaren, Kades Abd. Rahman menegaskan masih ada yang terpending, karena ada Dana Desa yang dialokasikan untuk Ketahanan Pangan sebesar 20 Persen jadi ada beberapa kegiataj yang terpending. 

"Mudah-mudahan PR tersebut ditahun 2024 bisa kita laksanakan," imbuhnya. 

Untuk Bidang Pendidikan sudah diusulkan untuk tahun 2024 pembuatan MCK, Perpustakaan  dan fasilitas lain yang dibutuhkan sekolah. 

Kategori :