Tips Cara Mengatasi Agar Anak Kapok Main HP

Tips Cara Mengatasi Agar Anak Kapok Main HP

Bogor, Aktual News - Jaman sekarang HP adalah barang yang sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa kita tinggalkan, tanpa Hp dan kuota serasa hampa, kebanyakan orang jaman now bilang.

Sudah tidak bisa dipungkiri, kini smartphone atau handphone (HP) seperti menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar kalangan, sayangnya termasuk anak-anak. Tak jarang anak-anak kecanduan bermain smartphone dalam waktu yang lama dan jika dilarang si anak malah marah.

Hal itu tentu membuat para orangtua khawatir, terutama dengan kesehatan mata si anak. biasanya mereka gemar membuka video chanel ataupun aplikasi game. Namun dengan cara yang unik, orang tua bisa membuat anak-anak kapok bermain HP.

Terlalu sering dan durasi yang lama main HP tentu tidak baik dan akan ada epek sampingnya, seperti mata menjadi Juling, rabun ataupun lainnya karena pengaruh dari epek radiasi dan sinyal HP.

Berikut adalah tips mengatasi masalah anak kecanduan main HP;

1. Saat anak sedang tidur cobalah dibawah matanya olesi sedikit bahan yang berwarna yang mudah dihilangkan dengan air, seperti lipstik, sedo dan lain lain.

Setelah si anak tersebut bangun tidur kita harus sedikit berbohong kepada anak kita. Contoh ; "dede itu kenapa kok matanya jadi merah gitu, pasti dede kebanyakan main hp yah."

berbohong untuk kebaikan mungkin tidak apa-apa, menurut saya!

2. mengganti wallpaper di layar HP dengan gambar gambar yang menyeramkan atau gambar  yang di takuti anak kita.

Tujuannya, saat membuka HP dan melihat foto tersebut anak menjadi takut dan tidak mau memainkan HP tersebut.

Cara ini memang terbilang tidak baik juga karena bisa menyebabkan anak trauma dan menjadi penakut.

Demikianlah sedikit tips untuk bunda yang kebingungan mengatasi masalah anak yang sering main HP, semoga bermanfaat. [Red/Akt-23/Rosis]

Aktual News

Sumber: