Pendidikan Politik dan Workshop Daycare Buruh Perempuan KASBI

Pendidikan Politik dan Workshop Daycare Buruh Perempuan KASBI

source, Pengurus Pusat Konfederasi Kasbi--

Tangerang, AktualNews - Konfederasi KASBI melalui Departemen Perjuangan Buruh Perempuan yang dikooordinasi oleh Ibu Siti Eni dan Mbak Waginah telah sukses menyelenggarakan Pendidikan Politik dan Workshop Day Care Buruh Perempuan di Bandung pada tanggal 12-13 Oktober 2024 lalu. 

 

Dengan dihadiri oleh sekitar 85 orang buruh perempuan anggota Konfederasi KASBI dari berbagai federasi dan basis yang berasal dari berbagai daerah seperti Tangerang, Jakarta, Subang, Bandung, Cirebon, Brebes, Garut, Gorontalo, Surabaya, Serang, Karawang, Batang. Peserta tersebut merupakan buruh perempuan yang setiap hari bekerja di berbagai sektor seperti industri alas kaki, garment, tekstil, konstruksi, Perkebunan, pertambangan, retail dan lain sebagainya.

Workshop Day Care ini adalah sebuah program perjuangan yang selama ini dijalankan oleh konfederasi KASBI bersama ISB (Institute Solidaritas Buruh), sebuah konsepsi rumah penitipan bagi anak-anak buruh. Konsep tentang pembangunan daycare yang digagas oleh Konfederasi KASBI bersama jaringan gerakan rakyat lainnya mendasarkan prinsip-prinsip pembangunan daycare seperti ; gratis atau terjangkau dari segi pembiayaan, terintegrasi dengan rumah/tempat bekerja buruh, standar tempat/makanan/dan penunjang edukasi yang berkualitas, ramah anak, dan lainnya. Tujuan diadakannya workshop ini adalah agar kawan-kawan buruh perempuan dapat berperan aktif dan memberikan pandangan serta menyusun langkah-langkah kedepan. 

Dihari kedua, buruh-buruh perempuan juga diberikan Pendidikan politik. Ini merupakan bukti komitmen Konfederasi KASBI melaksanakan mandat Kongres ke-6 yaitu membangun politik alternatif. Pendidikan politik, khususnya untuk buruh perempuan yang setiap harinya sibuk bekerja merupakan langgam penting untuk membangun sebuah alat politik klas buruh. 

BACA JUGA:Terkait Tersangka 7 bulan Ketua Gerindra Madina, Erwin Lubis Minta Kapolri dan Kejagung Harus Turun Tangan

Hal ini akan mendorong kesadaran di jiwa dan pikiran mereka bagaimana pentingnya pembangunan alat politik. Sehingga jika alat politik itu telah lahir, dia benar-benar lahir dari rahim kesadaran klas buruh, di besarkan dengan keringat dan buah pikiran klas buruh, dan dikelola oleh seluruh lapisan klas buruh itu sendiri. Bukan sebuah alat politik yang memanfaatkan klas buruh demi kepentingan segelintir orang untuk mendapatkan jabatan sebagai sumber kekayaan pribadi.

BACA JUGA:KPK Dorong Penyelesaian Sengketa Lahan dan Pengelolaan Aset di Kota Surabaya

Namun, alat politik yang diharapkan mampu menjadi alat untuk mengubah aturan-aturan yang menyengsarakan, alat politik yang bisa mengantarkan rakyat kearah penghidupan yang Sejahtera dan berkadilan.

 

FSPJR - KASBI : Federasi Serikat Pekerja Jakarta Raya Media SBIT - Kasbi Subang Media FSPEK KASBI Karawang FSBP KASBI Fsbrk Kasbi FSB Bersatu - KASBI SBN KASBI PT.VCI Mediaa Kasbi Cianjur KASBI JABAR Serikat Buruh Nusantara - SBN Tangerang Serikat Buruh Nusantara - SBN Tangerang Fsbpi Kasbi Muba SBM Tasikmalaya Sunar Leonar Dela Gustiani Siti Eni WFTU - World Federation of Trade Unions Waginah Sellaciwek Rusmita Gaja Mada Ayahnya Galank Jasun Domin Dhamayanti

Source : @Pengurus Pusat Konfederasi Kasbi

Sumber:

Berita Terkait