Rancang Manajemen Rekayasa Lalulintas Penutupan PON dan Survei Lapangan, Dishub Sumut Bersama Ditlantas Polda

Rancang Manajemen Rekayasa Lalulintas Penutupan PON dan Survei Lapangan, Dishub Sumut Bersama Ditlantas Polda

--

Deli Serdang, AktualNews - Dalam rangka memastikan kelancaran arus lalu lintas pada penutupan (Closing Ceremony) PON XXI Aceh-Sumut 2024, Dinas Perhubungan Sumatera Utara (Dishub Sumut) bersama Ditlantas Polda Sumut serta sejumlah instansi terkait menggelar rapat koordinasi (Rakor) sekaligus survei lapangan. Pertemuan digelar di Restoran Sederhana, Kualanamu Hub, Kabupaten Deli Serdang, pada Rabu (11/9/2024) sore. 

Rapat ini bertujuan untuk mempersiapkan manajemen rekayasa lalu lintas demi mencegah kemacetan dan mengatur pergerakan kendaraan di area sekitar Stadion Utama Sport Center, Deli Serdang.

Dipimpin oleh Dirlantas Polda Sumut Kombes Muji Ediyanto, rapat dihadiri oleh sejumlah perwakilan instansi, di antaranya Kadishub Sumut, Agustinus Panjaitan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sumut Mulyono, Satpol PP Sumut, dan pihak pengembang dari PT Adhi Karya. Semua pihak bersepakat untuk bekerja sama dalam mengantisipasi potensi masalah lalu lintas selama penutupan acara yang akan berlangsung di Stadion Utama Sport Center milik Provsu itu.

Dalam rapat tersebut, Kombes Muji Ediyanto menjelaskan bahwa pengamanan akan dibagi menjadi tiga ring, dengan fokus pengelolaan arus kendaraan di sekitar lokasi acara. “Kami akan menerapkan sistem pengamanan tiga ring, dan hanya kendaraan yang memiliki stiker khusus yang diperbolehkan memasuki area inti acara. Hal ini penting untuk mencegah kemacetan akibat banyaknya pengunjung yang diperkirakan hadir,” ujar Muji.

BACA JUGA:Dishub Sumut Terus Lakukan Evaluasi Layanan Transportasi PON, Optimalkan Pelayanan Kendaraan Atlet/Offical

Selain itu, tim Event Organizer (EO) penutupan PON XXI juga memaparkan konsep acara yang akan dimulai sejak sore hingga malam hari. Acara ini akan diisi dengan tarian, pesta kembang api, dan sesi VIP yang melibatkan tamu-tamu penting. Sementara itu, PT Adhi Karya memastikan, aktivitas alat berat di area stadion akan dihentikan pada hari penutupan agar tidak mengganggu jalannya acara.

Setelah rapat selesai, seluruh peserta turun ke lapangan melakukan survei ke lokasi stadion utama Sport Center untuk memetakan titik-titik parkir serta jalur yang akan digunakan untuk mengelola arus kendaraan. 

Kadishub Sumut, Agustinus, menegaskan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait agar pelaksanaan rekayasa lalu lintas berjalan lancar. "Kami masih terus menyiapkan stiker VIP untuk kendaraan kontingen dan tamu undangan. Semua ini demi kelancaran acara PON dan kenyamanan para peserta,” kata Agustinus.

Survei lapangan ini juga mencakup pengecekan area parkir kendaraan serta jalur akses utama yang akan digunakan saat penutupan sekaligus pintu-pintu keluar pengunjung supaya tidak terjadi desak-desakan massa. Melalui upaya koordinasi dan manajemen rekayasa lalulintas ini, diharapkan acara closing ceremony (penutupan) PON XXI 2024 Aceh-Sumut di Sport Center, Deli Serdang, dapat berjalan lancar, aman, dan tanpa kendala berarti di lapangan.***

Sumber: