Peserta UKW Tahun 2023 Terima Kartu Dan Sertifikat Dari Dewan Pers

Peserta UKW Tahun 2023 Terima Kartu Dan Sertifikat Dari Dewan Pers

--

Pematangsiantar, AktualNews – Sebanyak 29 peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 57 Tahun 2023 menerima kartu dan sertifikat dari Dewan Pers, di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pematangsiantar, Jalan Kartini, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, pada Rabu (7/8) siang.

Wali Kota Pematangsiantar, dr Susanti Dewayani SpA yang hadir dalam acara itu berkesempatan menyerahkan kartu dan sertifikat UKW tersebut secara simbolis ke beberapa perwakilan wartawan di antaranya, Togar Sinaga (boaboanews.com), Yetti Damanik (wartawati Harian Mistar), Syakban Sinaga (Harian Realitas), Taman Halomoan (Restorasidaily.com).

Dalam sambutannya, dr Susanti Dewayani SpA menyatakan bangga dengan profesi mulia seorang wartawan. Dengan sedikit berdiplomasi, dia mengakui bahwa untuk memulai sebuah narasi disertai dengan tulisan bukanlah sesuatu hal yang mudah.

“Saya bangga dengan profesi wartawan. Selalu saya berpikir, kalau saya membuat narasi, saya enggak tahu dari mana saya mulai tulisan itu. Tapi begitu, profesi wartawan ini luar biasa. Dari awal sampai akhir semuanya padat, berisi dan bobotnya tinggi,” ujarnya yang disambut tepuk tangan jurnalis Kota Pematangsiantar.

BACA JUGA:Persiapan Transportasi PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Sumut Semakin Matang

Pada kesempatan itu, Susanti juga menegaskan bahwa Pers merupakan mitra strategis pemerintah, khususnya Pemerintah Kota Pematangsiantar, dalam menyebarluaskan program dari pemerintah ke masyarakat. Dikatakannya, dalam sebuah percakapan dengan Kadis Kominfo Kota Pematangsiantar, Johannes Sihombing, dia meminta agar anggaran untuk Pers dan wartawan untuk ditingkatkan dan jangan dikurangi.

“Bang Jo (Red.panggilan karib Johannes), anggaran untuk wartawan itu mesti ditambah karena kegiatannya begitu banyak. Banyak yang harus diselesaikan. Contohnya, UKW. Kemudian yang kedua, bagaimana pekerjaan-pekerjaan pemerintah itu bisa diketahui masyarakat kalau tidak melalui tulisan? Nah, tulisan, liputan, berita yang akan dilepas oleh wartawan itu tentunya lebih eloknya keluar dari orang yang sudah mempunyai komitmen yang tinggi. Salah satunya adalah dengan adanya UKW,” kata Susanti.

Masih kata Susanti, dia juga mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kota Pematangsiantar agar tidak antikritik dan dapat membina pertemanan dengan pekerja media alias tidak alergi terhadap keberadaan wartawan. Hal itu ditegaskan Susanti agar jika ada pekerjaan pemerintah yang kurang sesuai agar tidak melenceng jauh maka tugas wartawan untuk mengingatkan melalui tulisan.

BACA JUGA:Sambut HUT RI ke-79, OYO Tebar Diskon 75 Persen di Seluruh Indonesia

Di sisi lain, Susanti juga meminta agar wartawan yang sudah dinyatakan kompeten untuk memakai nametag atau id card agar mudah dikenali dalam memberikan klarifikasi atas konfirmasi dari wartawan.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Pematangsiantar, Surati mengapresiasi kehadiran Wali Kota Pematangsiantar dalam penyerahan kartu dan sertifikat UKW dari Dewan Pers kepada peserta UKW Angkatan 57. Dia berharap agar Pemerintah Kota Pematangsiantar lebih memperhatikan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan kesejahteraan para kuli tinta yang ada di kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Utara tersebut.

Tak lupa, wanita pertama yang memimpin organisasi profesi wartawan PWI Kota Pematangsiantar itu memuji atas kepedulian Kadis Kominfo Kota Pematangsiantar, Johannes Sihombing dalam meningkatkan mutu SDM wartawan sehingga terlaksananya UKW Angkatan 57 Tahun 2023 hasil kolaborasi PWI Pematangsiantar dengan Diskominfo Kota Pematangsiantar yang dilaksanakan selama dua hari di Hotel Batavia, Jalan Gereja, Kota Pematangsiantar, 17-18 Juli 2023 lalu.

Terpisah, Abdul Roni Sibarani salah satu penerima kartu Wartawan Muda dari Surat Kabar Pelita Rakyat mengucapkan terima kasih kepada Pengurus PWI Kota Pematangsiantar yang telah berhasil mengupayakan pelaksanaan UKW Angkatan 57 Tahun 2023 dengan paripurna.

Acara yang dipandu langsung Sekretaris PWI Kota Pematangsiantar, Rahayu, berlangsung sukses tanpa kendala hingga akhir acara. Tampak hadir dalam deretan tamu undangan antara lain; Ketua PWI Kabupaten Simalungun Hasuna Damanik, Wartawan senior Kota Pematangsiantar yakni Sunardinsyah dan Zul Rangkuti, Iptu Agustina mewakili Kapolres Pematangsiantar, serta OPD Pemko Pematangsiantar.***

Sumber: