KPU Siantar Gelar Rakor Penyusunan DPHP Pilkada

KPU Siantar Gelar Rakor Penyusunan DPHP Pilkada

--

Pematangsiantar, AktualNews - Untuk persiapan Rapat Pleno Terbuka tingkat kelurahan, KPU Siantar gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran (DPHP) Pilkada Serentak 2024 yang terdiri dari Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Walikota, Kamis (1/8/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Zuri Kota Siantar itu dibuka Ketua KPU Siantar, M Isman Hutabarat didampingi, komisioner KPU lainnya seperti, Roy Marsen Simarmatra, Chuca Ashari dan Dedy Rahman (nara sumber) serta Sekretaris KPU Siantar Hermanto Panjaitan.

Ketua KPU Siantar M Isman Hutabarat melalui arahannya berharap, peserta yang terdiri dari Panitia Pemilihan Suara (PPS) sebanyak 159 orang dari 53 kelurahan, dapat mencermati materi yang disampaikan nara sumber. Sehingga, DPHP melalui Rapat Pleno Terbuka berjalan lancar.

Setelah Penyusunan DPHP tingkat kelurahan selesai, dilanjutkan rapat pleno kecamatan, rapat pleno kota dan rapat pleno propinsi. “Selanjutnya ditetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS),” kata M Isman.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Simalungun Kewalahan Padamkan Karhutla

Narasumber, Dedy Rahman Harahap (Koordinator Devisi Perencanaan Data dan Informasi) menjelaskan, Pantarlih telah melakukan pendataan berbasis Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) di 53 kelurahan sebanyak 204.199 pemilih.

Hasilnya, Jumlah Pemilih Baru sebanyak 59.517 pemilih, sesuai dengan lokasi Tempat Pemilihan Suara (TPS) terdekat. Jumlah Pemilih Tidak Memenuhi Syarat yang diantaranya meninggal maupun pindah dan lainnya, sebanyak 67.610 pemilih.”Sedangkan Jumlah Pemilih Ubah yang pindah TPS sebanyak 982 pemilih,” ujar Dedy Rahman Harahap.

Selanjutnya, data-data tersebut akan disahkan melalui Rapat Pleno Terbuka sesuai dengan jenjang masing-masing.***

Sumber: