Pelepasan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Ke-8 STISNU Nusantara Tangerang, di Kecamatan Cibeber Lebak-Banten

Pelepasan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Ke-8 STISNU Nusantara Tangerang, di Kecamatan Cibeber Lebak-Banten

--

Tangerang, AktualNews- Pengabdian mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) adalah program yang dilakukan oleh mahasiswa Perguruan Tinggi  Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdatul Ulama (STISNU) Nusantara Tangerang.

BACA JUGA:Cegah Kejahatan Cyberspace, Universitas IPWIJA Laksanakan Seminar Nasional “Manajemen Keamanan Data dalam Tata

Pelepasan Mahasiswa KKM dilaksanakan dilapangan depan kampus STISNU, dan diberikan pembekalan ilmu oleh Dr. Muhamad Mahrusillah Zarkasyi. MA, menyampaikan "Mahasiswa KKM juga harus menciptakan serta memberikan motivasi dan membuat inovasi untuk bekerja sama dengan para warga masyarakat di desa. Dengan membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat di tempat mahasiswa melakukan KKM ini. Kita harus saling menghargai dan menghormati, antara mahluk Tuhan selain manusia. Karena tempat KKM nanti masih asri bilamana kita sudah berada ditempat KKM nanti mahasiswa harus menjadi contoh tauladan," tutupnya.

Kumalasari, SH. MH, menyampaikan dalam pelepasan Mahasiswa KKM "Sebagai bentuk kontribusi nyata kepada masyarakat, kegiatan ini biasanya merupakan bagian dari kurikulum wajib sebagai bentuk  pengabdian mahasiswa Kepada masyarakat. Tujuan utama dari KKM adalah untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah dalam situasi nyata di masyarakat," pungkasnya. Minggu, 28 Juli 2024.

Pelepasan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) yang ke-8 STISNU Nusantara Tangerang, Sebagai Bentuk Kontribusi Kepada Masyarakat, hal ini merupakan yang sangat dinantikan oleh mahasiswa. Program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) adalah bagian dari tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan secara terpadu.

BACA JUGA:Dianiaya Pacar, Seorang Gadis Remaja Laporkan Pelaku ke Polisi

Adapun dari tahun ke tahun Perguruan Tinggi STISNU Nusantara Tangerang, diadakannya hanya di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, untuk tahun ini diadakan KKM di Negeri atas awan, surganya pemandangan pariwisata yang menyajikan pemandangan lukisan Tuhan yang sangat indah. Yang terbagi dua kelompok yakni di Desa Wanasari dan Desa Hergarmanah Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Disini Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) diujikan pengembangan dalam Kepribadian. Mahasiswa belajar untuk bekerja sama, memecahkan masalah, dan berkomunikasi dengan berbagai lapisan masyarakat. Penerapan Ilmu Pengetahuan untuk mahasiswa dapat mengaplikasikan teori yang dipelajari di kelas dalam konteks praktis, kontribusi kepada Masyarakat. Program ini bertujuan untuk membantu mengembangkan dan memberdayakan masyarakat setempat, dalam pengalaman Lapangan mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung mengenai kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di daerah tempat mereka melaksanakan KKM.

Perguruan Tinggi Ilmu Syariah Nahdatul Ulama (STISNU) Nusantara Tangerang, yang sudah menambahkan dua prodi baru dan segera menjadi Institut. Pilihan program studi diantaranya :
1. Hukum Ekonomi Syariah (SH)
2. Hukum Keluarga Islam (SH)
3. Manajemen Bisnis Syariah (SE)
4. Manajemen Pendidikan Islam (S.Pd)
Karena sudah banyak alumni dari STISNU yang, mahasiswa dan mahasiswinya yang menunjukkan kiprahnya menjadi Advokat, Manager di perusahaan.

Sumber: