Dokter Arab Saudi Kembali Lakukan Pelayanan. Kali Ini Operasi Jantung Anak Gratis

Dokter Arab Saudi Kembali Lakukan Pelayanan. Kali Ini Operasi Jantung Anak Gratis

--

Direktur Utama RSUP Adam Malik dr. Zainal Safri mengatakan, kehadiran dokter dari Arab Saudi sangat membantu dalam menangani penyakit jantung kompleks di Medan, sehingga akses masyarakat terhadap layanan kesehatan tersebut menjadi lebih dekat dan lebih murah.

dr. Zainal mencontohkan, salah satu pasiennya, Andi (14 tahun), yang telah menderita penyakit jantung sejak usia 6 tahun dengan gejala sesak napas berat. Saat menginjak usia 10 tahun, Andi mengalami sesak hebat dan disarankan untuk dirujuk ke RSJPD Harapan Kita di Jakarta. Namun, keterbatasan biaya mengharuskan Andi menjalani pengobatan di Medan.

“Masalahnya tidak sesederhana itu, tidak semua orang punya uang untuk tinggal di Jakarta. Kalau hanya menggunakan BPJS Kesehatan mungkin bisa, tapi pasti ada biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan oleh keluarga selama menemani di Jakarta,” terangnya.

Pada April 2024, Andi kembali mengalami sesak napas hebat dan dirawat kembali di RSUP Adam Malik Medan. Dokter masih menyarankan hal yang sama, yaitu dirujuk ke Jakarta. Beruntung Andi mendapatkan kesempatan menjadi salah satu pasien jantung anak yang dioperasi dalam periode kedua kegiatan King Salman Relief ini.

BACA JUGA:Walikota Medan Resmikan Ruang Isolasi Covid-19 RSUP H. Adam Malik

Salah satu orang tua pasien, Rominu Marpaung, juga mengungkapkan kendala biaya untuk merujuk anaknya, Binsar, ke rumah sakit di Jakarta. Binsar didiagnosis menderita penyakit jantung bocor selama 5 tahun sejak kelas 5 SD.

Awalnya, Binsar menunjukkan beberapa gejala seperti mudah lelah setelah beraktivitas dan pernah mengeluarkan darah dari hidung dan mulutnya.

“Selama ini, saya membawa Binsar berobat jalan. Saya sudah membawanya ke beberapa rumah sakit. Di rumah sakit terakhir, dia divonis harus dioperasi, tetapi tidak bisa di sana dan harus dirujuk ke RSUP Adam Malik. Tapi, di Adam Malik pun, dia harus dirujuk ke Jakarta. Kami tidak punya biaya, jadi selama ini kami hanya rawat jalan,” tutur Rominu.

Pada 25 Juni lalu, Binsar menjadi salah satu pasien yang berkesempatan mengikuti operasi jantung gratis, dan telah sukses menjalani operasi. Kini, Binsar sedang menjalani masa pemulihan. 

“Terima kasih untuk semua tim dokter yang telah menolong anak saya,” ucap Rominu.***

Sumber:

Berita Terkait