Dr. Wisman Hadi Pimpin APPBIPA Sumut, Siap Majukan Bahasa Indonesia di Kancah Internasional

Dr. Wisman Hadi Pimpin APPBIPA Sumut, Siap Majukan Bahasa Indonesia di Kancah Internasional

--

Medan, AktualNews – Dr. Wisman Hadi, dosen Sastra Indonesia dari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan (Unimed), resmi menjabat sebagai Ketua Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Sumatera Utara. Wisman Hadi terpilih secara aklamasi dalam rapat internal pengurus BIPA di Medan pada Maret lalu.

Dalam kepemimpinannya, Dr. Wisman Hadi didampingi oleh Dr. M. Oky Fardian Gafari sebagai Sekretaris dan Dr. Dian Syafitri sebagai Bendahara. Pelantikan pengurus baru APPBIPA Sumut dilakukan pada Selasa, 25 Juni 2024, oleh Hidayat Widiyanto, M.Pd., Penasehat Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara, mewakili Ketua APPBIPA Pusat.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh puluhan peserta dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta, lembaga kursus bahasa, instansi pemerintah, dan media massa. Hidayat Widiyanto dalam sambutannya menekankan pentingnya strategi terbaik untuk memajukan APPBIPA Sumut, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan BIPA serta pariwisata di Sumatera Utara. "Kegiatan ini bertujuan menyatukan semangat dan energi baru dalam merancang program kerja APPBIPA Sumut untuk memberikan kontribusi terbaik bagi pemerintah," ujarnya.

BACA JUGA:Pencapaian Terkini PT CRIF Lembaga Informasi Keuangan (CLIK), Lampaui Target di Tengah Tantangan Bisnis

APPBIPA, yang semula bernama Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APBIPA), didirikan pada November 1999 setelah penyelenggaraan Konferensi Internasional Pengajaran BIPA (KIPBIPA) Ke-3 di IKIP Bandung (sekarang Universitas Pendidikan Indonesia). Kegiatan utama APBIPA pada awalnya adalah KIPBIPA yang diadakan setiap dua tahun. Saat ini, APPBIPA telah memiliki 12 cabang di dalam negeri dan tiga cabang di luar negeri, yaitu di Jepang, Thailand, dan Jerman. Riau merupakan cabang ketiga belas.

APPBIPA sudah terbentuk di berbagai daerah, di antaranya:

- Yogyakarta pada 14 Juni 2008 (Ketua: Suharsono, UGM)

- Jakarta pada 22 Februari 2014 (Ketua: Totok Suhardijanto, UI)

- Jawa Barat pada 27 Februari 2016 (Ketua: Nuny Sulistyani Idris, UPI)

- Jawa Tengah pada 24 Maret 2016 (Ketua: Yusro, Unnes)

- NTB pada 29 Maret 2016 (Ketua: Untung Waluyo, Unram)

- Jawa Timur pada 9 April 2016 (Ketua: Arief Budi Wurianto, UMM)

- Sumatra Barat pada 16 April 2016 (Ketua: Prof. Dr. Atmazaki, UNP)

- Sulawesi Selatan pada 28 April 2016 (Ketua: Dr. Ikhwan M.Said, Unhas)

Sumber: