Dinas Kesehatan Simalungun Imbau Masyarakat Jaga Kesehatan di Musim Panas

Dinas Kesehatan Simalungun Imbau Masyarakat Jaga Kesehatan di Musim Panas

Foto ilustrasi cuaca panas--

Simalungun, AktualNews - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Simalungun mengimbau masyarakat agar menjaga kesehatan selama musim panas.

Kepala Dinkes Simalungun Edwin Simanjuntak mengatakan, peningkatan suhu akan berdampak negatif pada kesehatan jika tidak diantisipasi dengan baik.

“Kami mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi dampak kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh suhu yang tinggi selama musim panas,” katanya, Senin (6/5/24).

Edwin bilang, salah satu dampak kesehatan yang dapat terjadi akibat suhu yang tinggi adalah dehidrasi. Dia menjelaskan bahwa tubuh manusia membutuhkan lebih banyak cairan selama musim panas untuk menghindari dehidrasi.

“Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengonsumsi air yang cukup dan menjaga tubuh tetap terhidrasi,” ujarnya.

Dia mengatakan, masyarakat cenderung menghabiskan waktu di luar ruangan untuk beraktivitas. Berdasarkan hal itu, Edwin mengingatkan pentingnya menggunakan perlindungan dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

“Gunakanlah pelindung matahari seperti topi, atau pun penutup kepala lainnya ketika berada di luar ruangan untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya,” kata Edwin.

BACA JUGA:RS Adam Malik Sukses Lakukan Transplantasi Ginjal Secara Mandiri

Edwin memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama musim panas, antara lain:

– Menghindari aktivitas di luar ruangan pada jam-jam terpanas, seperti antara pukul 10 pagi hingga 15.00.

– Menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan ringan untuk menjaga tubuh tetap sejuk.

– Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, termasuk buah-buahan dan sayuran segar.

– Menjaga kebersihan lingkungan sekitar, termasuk membuang sampah dengan benar dan menghindari penumpukan sampah yang dapat menimbulkan masalah kesehatan.

BACA JUGA:Anak Penderita Kelainan Jantung Mendapat Perhatian Dari Plt. Bupati Labuhanbatu

Sumber: