Korban Bencana Alam Kabupaten Karanganyar Terima Bantuan Sebanyak 119 KK

Korban Bencana Alam Kabupaten Karanganyar Terima Bantuan Sebanyak 119 KK

--

Karanganyar, AktualNews - 119 Kepala Keluarga (KK) korban bencana alam periode Januari-Februari 2024 menerima bantuan sosial (bansos). Besaran bansos yang diterima bervariasi mulai dari 750 ribu hingga 10 juta rupiah tergantung tingkat kerusakan.

Penyerahan bantuan sosial (bansos) korban bencana alam dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (3/4). Penyerahan bantuan untuk korban bencana alam ini diserahkan secara simbolis oleh Pj Bupati Karanganyar Timotius Suryadi.

Dalam sambutannya Kepala Pelaksana BPBD Karanganyar Hendro Prayitno mengatakan bantuan ini untuk mengurangi beban masyarakat terdampak bencana dan wujud kepedulian pemerintah.

"Total bantuan senilai 421.250.000 untuk 119 KK selama periode Januari-Februari 2024.

Bencana ini meliputi angin puting beliung, kebakaran, rumah roboh dan tanah longsor," ujarnya.

Ditambahkannya dana bansos ini bersumber dari Dana Bantuan Tak Terduga (BBT). Sementara besaran biaya tergantung tingkat kategori kerusakan.

BACA JUGA:Bangun Semangat Kerjasama Pentahelix, JXB Ajak Para Jurnalis Buka Puasa Bersama

"Untuk kategori ringan mulai dari 750 ribu hingga 1,5 juta rupiah sebanyak 81 KK, rusak sedang senilai 4 sampai 6 juta rupiah sebanyak 15 KK dan rusak berat senilai 7 sampai 10 juta rupiah sebanyak 23 KK," jelasnya.

Sementara Pj Bupati Karanganyar Timotius Suryadi berharap para warga dapat menggunakan dana bantuan ini dengan baik. Pihaknya juga berpesan pada warga di kawasan zona merah bencana untuk selalu waspada menyusul cuaca yang tak menentu.

"Semoga bermanfaat dan selalu waspada di cuaca yang tak menentu ini," katanya.***

Sumber: