Kuliner Khas Mandailing yang Paling Terkenal di Bulan Ramadan

Kuliner Khas Mandailing yang Paling Terkenal di Bulan Ramadan

--

Medan Sumut, AktualNews - Ramadhan selalu diisi dengan berbagai tradisi dan hal hal menarik, termasuk kuliner khas yang identik dengan bulan puasa.

Menjadi primadona saat berbuka, toge Panyabungan7 merupakan salah satu makanan khas Mandailing Natal yang selalu ditunggu ketika Ramadhan tiba.

Tak hanya karena penampilannya yang dapat menggugah selera, rasanya yang segar serta namanya yang unik, membuat minuman yang hampir mirip dengan es cendol ini selalu di ingat dan dirindukan oleh masyarakat Kota Medan apa lagi keturunan suku asli mandailing natal.

Elvi, salah satu pedagang toge Panyabungan di Jalan Letda Sujono Medan, yang telah berjualan sejak tahun 1990an, mengaku paling panen pembeli setiap kali Ramadhan tiba.

BACA JUGA:iStyle.id Bagikan Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Glowing Saat Berpuasa

"Tiap hari kita ada jual toge Panyabungan, memang di ramadhan selalu lebih ramai, sehari bisa habis 600 porsi," ujar Elvi, yang merupakan penerus dari usaha turun temurun orang tuanya tersebut.

Per porsi toge Panyabungan yang dijual Elvi dibandrol harga Rp 13 ribu. Saat di bulan Ramadhan, dagangan Elvi tak hanya Toge Panyabungan, tetapi juga makanan berbuka lainnya, seperti kue, pecal, es gado gado,dan lainnya.

"Resepnya ini turun temurun saya dapat dari mamak, dulu almarhum mamak sama bapak yang jualan, udah lama orang tua berjualan dari saya masih gadis dari tahun 1990an, saya aja generasi kedua ini," ungkapnya.

BACA JUGA:Legenda Katak Ingin Menjadi Lembu

Dalam satu porsi toge Panyabungan berisikan beragam toping, seperti lupis, cenel, pulut hitam dan tape.

"Togenya sendiri beriisi lupis, cenel, pulut hitam dan tape, inilah dia, ciri khasnya dari tempat saya karna saya mengolah semua bahannya sendiri tidak pesanan dari orang lain bisa dibilang bahannya premium," jelasnya.

Selama Ramadan bukan hanya toge, Es campur khas Mandailing juga tersedia. dibuka mulai pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB, tetapi untuk hari biasa dibuka mulai pukul 11.00 WIB.***

Sumber: