Sambut Natal dan Tahun Baru, Pemko Medan Siapkan Pasar Murah

Sambut Natal dan Tahun Baru, Pemko Medan Siapkan Pasar Murah

--

Medan, AktualNews - Menekan inflasi sekaligus membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemko Medan kembali akan menggelar pasar murah di setiap kelurahan.

“Namanya pasar murah, tentu harganya lebih murah dari pasar yang ada. Pasar murah ini memang selalu kita gelar menjelang perayaan hari besar,” ucap Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Medan, Benny Iskandar Nasution, Kamis (7/12/23).

Pasar murah itu, kata Benny, dapat berjalan dengan berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan PUD Pasar Medan.

“Untuk lokasi fokus pasar murahnya belum ada, biasanya nanti H-10 Natal diresmikan Pak Wali. Saat ini masyarakat bisa memanfaatkan pasar murah yang ada di kelurahan dulu,” katanya.

Benny juga memastikan, ketersediaan bahan pokok seperti beras, gula dan cabai untuk masyarakat Kota Medan cukup selama Nataru nanti.

BACA JUGA:Polrestabes Medan Gelar Cooling System Guna Persiapan Memberikan Bansos

“Stok ada, namun setiap menjelang perayaan hari besar selalu saja harga bahan pokok naik. Meski begitu, kita (Pemko Medan) tetap memfasilitasi masyarakat lewat Pasar Murah,” tutupnya.

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan, Gelora Ginting mengatakan, sampai saat ini pihaknya melakukan pemantauan terhadap bahan-bahan pokok di pasaran.

“Kita memastikan tidak ada pihak-pihak yang menahan barang selama Nataru. Untuk kenaikan harga sampai saat ini masih tergolong normal, tidak terlalu mahal,” ujarnya.

BACA JUGA:Bupati dan Wabup hadiri gerakan Minum Tablet Tambah Darah cegah Stunting

Dijelaskannya, saat ini pihaknya juga sudah melakukan Kerjasama Antar Daerah (KAD) dalam menjaga ketersediaan bahan pokok.

“Untuk cabai kita KAD dengan Kabupaten Karo. Sementara beras kita koordinasi ke Bulog, dan stok aman. Begitu juga gula, stoknya aman, namun kita sedikit sulit mengendalikan kenaikan harganya, sebab ini terjadi secara nasional,” jelasnya.***

Sumber: