Gunung Ibu Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 1,2 Kilometer

Gunung Ibu Muntahkan Abu Vulkanik  Setinggi 1,2 Kilometer

Ilustrasi/Pixabay --

Jakarta, AktualNews - Gunung Ibu di Maluku Utara malam ini memuntahkan abu vulkanik setinggi 1,2 kilometer seperti dikabarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG ).

Erupsi yang terjadi pada pukul 19.20 WIT menurut pengamatan Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Efrita Lusy Andriany Saragih abu terlihat berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut.

BACA JUGA:Pasca Kebakaran Hutan di Gunung Sindur Bogor, Banyak Ular Mati Ditemukan Warga

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata)," ujarnya dikutip dari Antara, Jum'at 3 November 2023.

Menurut catatan sejak 1 Januari 2023 sampai 3 November 2023, Gunung Ibu tercatat telah mengalami erupsi dengan jumlah letusan tercatat sebanyak 52 kali

BACA JUGA:Proses Pencarian Korban Tanah Longsor di Segorogunung Akhirnya Ditemukan Dalam Keadaan Meninggal

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe strato volcano yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut, terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara.
 
Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. pusat kawah memiliki lebar satu kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer.***



sumber Antara

Sumber:

Berita Terkait