Rahasia Memulai Usaha Agar Sukses

Rahasia Memulai Usaha Agar Sukses

--

Jakarta, AktualNews - Membuka usaha memang sangatlah beresiko, tidak mudah, dan penuh dengan tantangan. Bukan hanya saat awal memulai, bahkan sepanjang perjalanan.

Usaha yang baru buka, tentu butuh waktu tiga atau enam bulan lebih baru dapat keuntungan, dan satu sampai dua tahun baru bisa kembali modal.

Itu kalau langsung antri pembeli, ramai yang datang, dan banyak yang butuh, serta poduk atau jasa Anda enak, bagus, dan memuaskan.

Kalau tidak?. Maka tinggal menunggu waktu untuk tutup. Ini banyak terjadi di UMKM, yang kemudian membuat banyak orang takut untuk berdagang.

BACA JUGA:Celeb Talks Angkat Topik Membuat UMKM Indonesia Mendunia di FLEI & RSEI 2023

Ada survey yang menyatakan bahwa 80 % usaha yang baru di buka, tutup pada satu tahun pertama.

Nah, oleh karena itu, salah satu rahasia memulai usaha agar sukses adalah modal jangan utang ke Bank, Koperasi atau Renternir yang berbunga.

Kenapa?. Karena usaha yang baru dibuka belum tentu ada pembelinya, tidak pasti ada untungnya, dan tidak ada jaminan juga akan berhasil.

Sementara utang pinjaman di Bank atau Koperasi, bersifat pasti, wajib dibayar setiap hari atau setiap bulan. Tidak mengenal maju atau tidaknya usaha Anda.

 

Lalu bagaimana solusinya?.

Saya sarankan, bagi yang mau memulai usaha, hendaknya menabung terlebih dulu, kumpulkan modal. 

Kalau sudah di rasa cukup, maka mulailah dari yang kecil, yang mudah, yang bisa, dan yang ada. Mulai dari garasi rumah.

Perusahaan-perusaahan besar yang ada saat ini, bahkan telah mendunia sekalipun, mereka mengawalinya dari yang kecil, dari garasi rumahnya. Seperti Google, Apple, Microsoft, dll.

Sumber: