PUD Pasar Medan Terima Mesin Heat Pump Dryer dari Bapanas

PUD Pasar Medan Terima Mesin Heat Pump Dryer dari Bapanas

--

Medan, AktualNews - Badan Pangan Nasional (Bapanas) memberikan mesin Heat Pump Dryer ke Pasar Induk Medan. Mesin ini memiliki teknologi untuk memperpanjang umur simpan komoditas pangan. Adapun komoditas pangan yang dimaksud antara lain komoditas cabai, bawang dan lainnya.

Dirut PUD Pasar Medan Suwarno mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan mesin ini secara optimal. Suwarno menjelaskan mesin Heat Pump Dryer yang diserahkan ke PUD Pasar memiliki dimensi 4,7 x 2,6 x 2,2 meter dengan kapasitas 200 kg – 250 kg.

“Keberadaan mesin ini diharapkan bisa menjaga stabilitas pangan, khususnya untuk cabai di Kota Medan,” kata Suwarno, Senin (2/10/23).

BACA JUGA:Wakapolrestabes Medan Minta Personel Hindari Pelanggaran dan Berita Viral yang Negatif

Dijelaskan Suwarno, mesin tersebut telah diserahkan langsung dari Bapanas. Dimana alurnya Bapanas menyerahkan kepada Dinas Ketapang, Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Sumut, lalu ke Dinas Ketapang Pertanian dan Perikanan Medan dan langsung ke PUD Pasar Medan.

“Jumat lalu mesin ini kita terima bersama jajaran PUD Pasar lainnya dan Kepala Pasar Induk Medan juga,” sebutnya.

BACA JUGA:Ketua Komisi IV DPRD Medan Ajak Masyarakat Bayar Pajak

Sebelumnya, Staf Direktorat Distribusi dan Cadangan Pangan Bapanas Ariyani mengatakan, meski tak semua cabai bisa dikeringkan, tetapi penempatan alat Hest Pump Dryer diharapkan dapat mendukung stabilisasi pasokan pangan baik di tingkat produsen dan konsumen.

Selain pasokan, dengan adanya mesin ini dapat membuat petani tak was-was mengenai harga jual cabai. “Kami berharap penggunaan mesin bisa dioptimalkan ketika terjadi panen raya cabai. Jadi di petani harga terjaga, di konsumen harga wajar. Tak hanya cabai, mesin ini dapat pula dimanfaatkan untuk komiditas hortikultura lainnya,” katanya.

Untuk informasi, harga komoditas di Kota Medan khususnya harga cabai merah dikutip dari panel Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan pada Senin (2/10/23) berada diharga Rp38.524 per kg, turun Rp2.000 per kg dari hari sebelumnya.

BACA JUGA:Pihak Ponpes ASSALIM Mengakui Pihaknya Telah Mengambil Langkah Tegas Terhadap Ustadz

Sedangkan cabai rawit Rp36.238 per kg turun Rp238 per kg. Bawang merah ada pada harga Rp20.619 per kg turun 381 per kg dan bawang putih diharga Rp35.238 per kg.***

Sumber:

Berita Terkait