FGB Tangerang Raya Banten Salurkan Bantuan 10 Unit Tangki Mobil Air Bersih di Jogja

FGB Tangerang Raya Banten Salurkan Bantuan 10 Unit Tangki Mobil Air Bersih di Jogja

--

Tangerang, AktualNews - Dampak pada musim kemarau panjang yang dirasakan masyarakat Indonesian saat ini, dengan cuaca panas dan ekstrim menyebabkan potensi bencana alam kerap terjadi seperti kebakaran, pohon berguguran dan tumbang serta kekeringan berimbas disejumlah wilayah kabupaten dan provinsi di Indonesia mengalami kekurangan air bersih.

Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Daerah Istimewah Yogyakarta melaporkan ada 25 kecamatan atau kapanewon di DI Yogyakarta yang mengalami krisis air bersih imbas kemarau panjang. sebelumya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewah Yogyakarta, sebanyak 79% wilayah Indonesia mulai masuk musim kemarau. pada tanggal 20 September 2023 memberikan informasi peringatan dini kekeringan melalui unggahan Instagram Staklim Jogja.

Tidak hanya pemerintah setempat dalam melakukan upaya droping air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekurangan air bersih, juga dari berbagai unsur Lembaga, organisasi dan Komunitas-komunitas yang ada di luar wilayah daerah Yogyakarta pun turut menyalurkan bantuan air bersih Seperti Komunitas dari Tangerang Raya, Banten yang dikenal Forum Gajah Mada Banten, menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan.

BACA JUGA:OYO Siapkan Akomodasi Bagi Atlet Liga 3 Sepak Bola melalui Kemitraan dengan KONI

Bantuan air bersih tersebut disasarkan dibeberapa titik lokasi, khususnya di daerah pelosok yang memang sangat membutuhkan air bersih yang ada di atas bukit pegunungan yakni Desa Hargomulyo Kapanewon, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul_Yogyakarta.

Ada sekitar 10 unit mobil tangki air bersih yang disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan dan diterima langsung oleh salah satu warga atau tokoh pemuda di Desa Hargomulyo Kapanewon yakni Supar bendol, sekaligus koordinator yang mengatur pembagian bantuan air bersih tersebut untuk titik wilayah mana saja yang memang benar-benar membutuhkan.

Dan disampaikan oleh Supar bendol mewakili warga Desa Hargomulyo Kapanewon atas bantuan air bersih dari FGB Tangerang Raya tersebut bahwa masyarakat Desa Hargomulyo dan sekitarnya yang telah menerima bantuan air bersih tersebut mengucapkan terimakasih kepada Forum Gajah Mada Banten, Tangerang Raya.

BACA JUGA:Lembaga Study Visi Nusantara Maju Gelar Diskusi 'Para Artis, Ngapain Nyaleg?

Kemudian Fakhori selaku korlap FGB Tangerang Raya, Banten mengatakan, "Semoga bantuan 10 unit mobil tangki air bersih yg dikirimkan kepada masyarakat di Desa Hargomulyo Kapanewon, Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta. dapat bermanfaatnya. Kami dari FGB menyampaikan turut prihatin atas perubahan musim kemarau panjang ini. Mudah-mudahan segera berlalu dan tiba musim semi atau turunnya hujan". Tutur Fakhori. Jum'at, 29 September 202.3***

Sumber: