Siberkreasi dan Bukalapak Gelar Kelas AI Gratis Untuk UMKM dan Alumni Prakerja

Siberkreasi dan Bukalapak Gelar Kelas AI Gratis Untuk UMKM dan Alumni Prakerja

Emil F. Yakhya, Managing Director PT Sirus Teknologi Utama pada saat menyampaikan materi kepada para peserta terkait desain strategi dan operasional bisnis. Minggu, 27/08. --

Jakarta, AktualNewsSiberkreasi kembali mengadakan workshop gratis bagi UMKM, peserta, serta alumni Prakerja sebagai bagian dari program Serba Serbi Literasi Digital (SEREAL) yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Acara ini mengambil tempat di kantor Bukalapak sebagai host sekaligus mitra digital platform Prakerja. Pelatihan gratis adalah satu dari berbagai bentuk partisipasi Bukalapak sebagai mitra digital platform Prakerja. Kali ini, pelatihan berformat hybrid ini mengangkat topik penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pengembangan bisnis dan diberi judul “AI untuk Naikin Sales, Gimana Caranya?”. 

“Kami melihat peran Bukalapak sebagai mitra digital platform Prakerja tidak hanya terbatas pada memfasilitasi akses ke beragam kelas pelatihan, tapi juga mendukung penyediaan inclusive access ke kesempatan belajar bagi semua orang. Perkembangan teknologi seperti AI bisa dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis dan tentunya kami senang bisa ambil bagian menyediakan akses ke pengetahuan ini ke semua pelaku usaha di Indonesia dari berbagai latar belakang. Bukalapak antusias untuk terus berpartisipasi memberikan lebih banyak bekal pengetahuan bagi para pelaku usaha serta masyarakat pada umumnya yang ingin meningkatkan kompetensi”, ujar Nungky Aprilia, Head of Virtual Products Bukalapak di Jakarta, (27/8).

BACA JUGA:Perkuat Ekosistem Pelatihan, Bukalapak dan Prakerja Bagikan Informasi Tren Lowongan Kerja di Indonesia

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Ketua Umum Siberkreasi, Donny Budi Utoyo menyampaikan bahwa topik AI diangkat di pelatihan ini sebagai salah satu bentuk digitalisasi yang dapat membantu para pelaku usaha. “digitalisasi bagi pelaku usaha bisa dilakukan dalam berbagai aspek, termasuk teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan bisnis mereka. Artificial Intelligence merupakan salah satu bentuk teknologi ini. AI sangat pesat perkembangannya dan punya kemampuan besar untuk membantu para pelaku UMKM. Namun, sebagian besar pelaku UMKM mungkin belum mengenal AI secara dekat. Karena itu, diharapkan workshop ini dapat memperkaya pengetahuan mereka soal AI dan memanfaatkannya secara tepat untuk menumbuhkan bisnis mereka”, ujarnya. 

BACA JUGA:Mitra Bukalapak Jembatani Agen Inklusi Keuangan ke Pelosok Negeri

Dalam menggelar kegiatan ini, Siberkreasi juga berkolaborasi dengan Lampu.id sebagai akselerator program. Pelatihan ini menghadirkan Youtuber dan Praktisi AI Ghani Rozaqi, Managing Director PT Sirus Teknologi Utama Emil F. Yakhya, serta Virtual Product Partnership Manager Bukalapak Michael Kevin Tendean.  

Emil F. Yakhya mengupas tuntas materi tentang penggunaan AI untuk desain strategi dan operasional bisnis mulai dari menentukan tujuan usaha, visi misi, desain value proposition hingga analisis SWOT. “Dengan teknologi AI, saat ini, pelaku usaha bisa dengan mudah memulai desain bisnisnya. Mulai dengan menentukan nama dan logo usaha, dengan bantuan AI, pelaku usaha bisa mendapatkan insight, inovasi dan ide hanya dalam 5 menit. Tentu saja, hal ini sangat membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis dan memperkuat brand identity produk mereka” ujar Emil. 

Para peserta juga berkesempatan untuk praktik langsung menyusun strategi bisnis membuat brand identity yang menarik konsumen yang dibimbing langsung oleh Ghani Rozaqi. “Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis adalah menyusun tulisan dalam bentuk caption, copywriting, tagline atau apapun. Dengan teknologi AI, pelaku usaha saat ini memiliki asisten pribadi yang bisa melakukan apapun yang mereka butuhkan. Harapannya, setelah praktik ini, para pelaku usaha bisa memahami dan memanfaatkan AI untuk kebutuhan bisnis mereka” ungkap Ghani. Pada kesempatan yang sama, peserta juga mendapatkan informasi seputar tips mengimplementasikan ilmu marketing, termasuk mengikuti kelas-kelas pelatihan Kartu Prakerja. 

BACA JUGA:Rayakan Ulang Tahun Komunitas ke-5, Mitra Bukalapak Bangun Kreativitas Pemilik Warung Lewat Acara JUWITA

Di Bukalapak, terdapat lebih dari 180 pelatihan daring dan luring yang diselenggarakan oleh 32 Lembaga Pelatihan (LP) Prakerja. Topik pelatihan di Bukalapak bervariasi mulai dari penjualan dan pemasaran, fotografi, hospitality, pertanian, perkantoran umum, design, IT dan data, dan masih banyak lagi.

Lampu.id yang merupakan akselerator di bidang transformasi digital dan pengembangan bisnis yang terus berfokus pada peningkatan keahlian sumber daya manusia dan peningkatan kualitas pelaku usaha. Lampu.id telah mengadakan berbagai pendampingan terkait digitalisasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan akses pasar. Sejak tahun 2019, Lampu.id berkolaborasi dengan berbagai Kementerian, ekosistem digital, komunitas wirausaha dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk menciptakan masyarakat melek digital yang resilien. Melalui program Serba-Serbi Literasi Digital (SEREAL) yang diadakan secara daring dan luring, Lampu.id sukses merangkul lebih dari 10.000 pelaku usaha di seluruh Indonesia.***

Sumber: media relations bukalapak