Pesonaku Dibalik Gemericik Hujan

Pesonaku Dibalik Gemericik Hujan

Ilustrasi : bulaksumurugm.com  

 

 

"Tik tik tik bunyi hujan di atas genting Airnya turun tidak terkira Cobalah tengok dahan dan ranting Pohon dan kebun basah semua"  

 

 

Jakarta, AktualNews -Hujan adalah titik-titik air yang berjatuhan dari gumpalan awan yang hitam karena adanya proses siklus air. Titik-titik air itu lah akan memunculkan suatu suara. Yah, itulah aku. Bunyi hujan yang datang saat titik-titik air itu membasahi bumi dan mengenai berbagai benturan yang ada. Aku adalah saksi bisu yang melihat orang-orang menari di tengah datangnya hujan, aku suka melihat mereka tertawa dengan riang gembiranya. Ketika tetesan hujan jatuh menyentuh permukaan bumi, aku membawa pesan kehadiran dalam hidup setiap orang. Kupijakan suara lembut dan gemercik air, merayap di atap rumah, mengalir di jendela, dan menyentuh daun-daun pepohonan.

Setiap tetesan hujan yang datang, aku membawa semangat kesegaran dalam pikiran setiap orang. Aku disukai banyak orang, karena aku adalah salah satu suara alam yang membuat semua orang tenang dan damai. Aku memiliki suara yang khas, karena aku bervariasi dari sentuhan lembut yang menenangkan hingga gemuruh yang kuat dan menggetarkan banyak orang. Aku memiliki keunikan yang terletak pada kombinasi frekuensi dan pola suara.

Umumnya aku menghasilkan pola suara yang kompleks dan menarik. Tetesan kecil yang jatuh menghasilkan frekuensi yang tinggi, sedangkan tetesan yang lebih besar menghasilkan frekuensi yang lebih rendah. Gabungan dari tetesan-tetesan ini menciptakan aku yang alami. Suara alam yang Menenangkan Selain kualitas suara, aku juga dapat mempengaruhi suasana hati banyak orang loh. Orang-orang pasti merasa tenang dan rileks saat mendengarkan aku ini yang lembut.

BACA JUGA:” Maaf “

Aku juga dapat mengurangi stres dan kecemasan yang dialami sebagian orang, dan aku bisa membuat seseorang tidur dengan nyaman. Yah, ini lah aku. Bunyi hujan yang datang dan membuat sekian banyak orang merasa tenang dan damai. Aku juga membuat orang-orang merasa ngantuk dan malas bergerak, karena mereka selalu menikmatiku. Aku sungguh senang. Sesekali, aku membawa ingatan setiap orang dalam kenangan masa lalunya. Bunyi hujan di jendela saat masa kecil, mengingatkan akan kehangatan keluarga dan kebahagiaan yang sederhana.

Melalui kehadiranku, kenangan indah itu dapat dirasakan kembali dan mengisi hati setiap orang dengan perasaan cinta. Para ilmuwan telah meneliti alasan mengapa aku bisa menghasilkan efek menenangkan pada sebagian orang. Tentu saja salah satunya adalah karena aku suara alam. Semua orang pasti tahu apa itu suara alam. Suara yang dihasilkan secara alami oleh makhluk hidup, langit dan bumi. Aku dapat memicu respon fisiologis yang positif, karena aku membawakan sinyal untuk orang-orang merasakan emosi dari reaksi sistem saraf otonom, termasuk peningkatan pelepasan hormon relaksasi seperti dopamin dan serotonin. Kedua hormon ini dapat membawakan kebahagian, selain meningkatkan suasana hati hormon ini juga dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kecemasan. Aku seperti Efek White Noise Bunyi hujan juga memiliki efek memori dan pikiran.

BACA JUGA:Sebelum Hujan Turun Lagi

Ketika mendengar bunyi yang konsisten dan repetitif dapat membantu mengalihkan perhatian dari pikiran yang cemas ke pengalaman yang lebih tenang dan alami. Hal ini dapat memberikan kesempatan pada otak untuk beristirahat dari ketegangan. Aku memiliki kaitan erat dengan efek white noise loh. Menurut penelitian, white noise adalah jenis suara yang mengandung semua frekuensi dalam rentang pendengaran manusia dengan amplitudo yang relatif konstan. Artinya semua frekuensi suara memiliki kekuatan yang sama, sehingga menghasilkan suara yang konsisten dan merata. Aku juga dapat membantu beberapa orang untuk tidur lebih nyenyak. Karena aku dapat menutupi bunyi gangguan yang lain dan menciptakan lingkungan tidur yang tenang.

Sumber: