BOB Tinjau Lokasi Workshop Ekraf di Dua Kabupaten
Karanganyar, AktualNews - Badan Otorita Borobudur (BOB) telah melakukan serangkaian kegiatan peningkatan kapasitas usaha ekonomi kreatif fesyen di Kawasan Pariwisata Borobudur. Pelatihan diberikan kepada 57 orang yang tergabung dalam 8 kelompok. Mereka berasal dari Kabupaten Sragen dan Karanganyar. Plh. Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur, Agustin Peranginangin mengatakan, kegiatan yang dilakukan Juni-November 2022 telah ditutup pada Kamis (17/11/2022) di Hotel Harris Solo. "Kemarin sudah kami tutup. Lalu hari ini ajak para ritel ikut trip ke lokasi di Sragen dan Karanganyar. Agar melihat langsung potensi ekraf di dua lokasi ini," ujarnya, Jumat (18/11/2022) saat tinjauan ke Rumah Batik Giriarum di Desa Girilayu, Matesih, Karanganyar Jawa Tengah. Tinjauan diharapkan dapat menyakinkan para ritel modern akan keberadaan brand Batik Arga Praga yang merupakan kumpulan brand dari pelatihan yang telah sukses dilakukan. Selain di Rumah Batik Giriarum, tinjauan juga dilakukan di Kelompok Batik Mawastri dan Workshop Prada. Keduanya berada di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Setidaknya ada 27 motif batik yang dikembangkan dari dua kabupaten itu. Ke depan kolaborasi harus terus terjalin sehingga puluhan motif batik dapat dikemas dengan baik. Lebih lanjut, Angin, sapaan akrabnya mengatakan pentingnya ekraf di sektor pariwisata. Sebab wisatawan saat ini sudah tidak lagi sekedar ke destinasi wisata dan melakukan kegiatan wisata. Pola wisatawan mengalami perubahan tren. Mereka juga mencari ciri khas yang otentik dari destinasi wisata yang dituju. "Pariwisata tidak lagi orang berhenti dan healing, tapi ekraf bisa menjadi penyangga utama. Bisa jadi orang berbelanja dan berwisata, tidak terbatas. Sekarang tidak lagi orang datang berkeliling saja, tapi juga berkembang ke wellness tourism," jelasnya. Sementara itu, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves, Rustam Effendi mencatat pentingnya simergitas antarsektor pemerintahan. Sebab hal itu menjadi kunci kesuksesan tercapainya kesejahteraan masyarakat. "Catatan penting bukan kompetisi. Tapi bagaimana maju bersama menyejahterakan semua. Kita harus bangga menggunakan buatan Indonesia. Daripada belanja pemerintah yang tidak efektik, lebih baik dialokasikan ke sektor penyangga ekonomi," jelasnya. Diketahui, pelatihan fesyen yang ditujukan kepada dua Kabupaten meliputi desain motif batik, pelatihan produksi purwarupa, pelatihan bisnis, pemasaran, pelatihan foto produk & branding, serta pendampingan digital marketing. Tidak berhenti di situ, pendampingan akan terus dilakukan. [Red/Akt-51/Dawam Mashuri] AktualNews
Sumber: