Jakarta, AktualNews- Koperasi Konsumen Ojek Online Merah Putih (KKO-MP) hadir sebagai wadah gotong royong ekonomi bagi pengemudi ojek online untuk memperoleh kebutuhan pokok rumah tangga dengan harga lebih terjangkau. Inisiatif ini diarahkan untuk menekan biaya hidup sekaligus meningkatkan kesejahteraan keluarga pengemudi.
KKO-MP dipimpin oleh Irjen Pol (Purn.) Drs. Mudji Waluyo, S.H., M.M. sebagai Ketua. Struktur pengawasan diemban Brigjen Pol (Purn.) Drs. H. Surhardjito WS, S.H., M.H., QRGP. Sementara itu, Bidang Usaha dipimpin oleh Brigjen Pol (Purn.) Drs. Taufik Ansorie, S.H., M.M. Adapun aspek kepatuhan hukum dan perlindungan anggota ditangani oleh Bidang Hukum yang diisi oleh Alex A. Putra bersama tim.
“Persoalan utama pengemudi ojek online bukan semata soal pendapatan, melainkan tingginya pengeluaran rumah tangga. Koperasi konsumen ini dirancang untuk menjawab kebutuhan paling mendasar, yaitu akses terhadap sembako murah dan berkualitas,” ujar Alex A. Putra saat ditemui di Jakarta Selatan.
Menurut Alex, melalui mekanisme pembelian kolektif, anggota koperasi dapat memperoleh kebutuhan pokok dengan harga lebih rendah dibandingkan harga pasar, tanpa mengurangi kualitas dan mutu barang. Model ini diharapkan mampu memberikan penghematan nyata bagi keluarga pengemudi.
Ia menambahkan, pesan yang kerap ditekankan oleh Ketua Koperasi Bpk Mudji Waluyo adalah pentingnya pengendalian pengeluaran sebagai kunci peningkatan kesejahteraan. “Jika pengeluaran rumah tangga bisa ditekan, maka kesejahteraan keluarga pengemudi ojek online akan ikut meningkat,” kata Alex.
BACA JUGA:Koperasi Konsumen Ojol Merah Putih Resmi Diluncurkan, Perkuat Kesejahteraan Ojek online
Ke depan, Koperasi Konsumen Ojol Merah Putih diharapkan menjadi model penguatan ekonomi berbasis koperasi konsumen yang mengedepankan prinsip kekeluargaan dan gotong royong, sekaligus menjadi alternatif solusi konkret bagi kesejahteraan pengemudi ojek online di tengah tekanan biaya hidup.***