Tata Kelola Tergolong sangat bagus PT BPR Bank Daerah Karanganyar Raih Top GRC Awards 2025

Selasa 09-09-2025,17:57 WIB
Reporter : Dawam
Editor : Admin

Jakarta, AktualNews -  8 September 2025 acara puncak Penghargaan Top GRC ( Governance, Risk and Compliance) Awards 2025 yang diberikan oleh Majalah Top Business kepada PT BPR Bank Daerah  Karanganyar  (BDK) yang telah berhasil menerapkan tata kelola perusahaan yang sangat bagus dan mampu bersikap positif ditengah tengah kondisi saat ini yang penuh ketidakpastian masih terus membangun  ketahanan bisnis kedepan. Adapun penghargaan tersebut 

diterima oleh Arianto Pramudjadi, SSos, MM sebagai Direktur  Kepatuhan BDK. Sedangkan Dr.H.Haryono, SE,MM sebagai Direktur Utama BDK  menerima THE MOST COMMITED GRC LEADER 2025 berkat Kepemimpinan yang kompeten, beretika, profesional dalam pengelolaan Bisnis BPR sehingga terus tumbuh berkembang pesat.

Penyerahan 2 Piagam  Penghargaan tersebut disaksikan oleh Komisaris Independen dan juga sebagai Ketua Pemantau Resiko di BDK yaitu Bp.Drs. Sumarno,MSi bertempat di Hotel Raffles Jakarta hari ini.

Penghargaan diatas adalah penghargaan yang kelima selama tahun 2025 setelah sebelumnya menyabet gelar BPR Bintang 5 versi Majalah Business, raih Top Pembina BUMD 2025 dan raih Top CEO BUMD tahun 2025 serta Raih Platinum Award dari Majalah Infobank 2025.

BACA JUGA:Polres Karanganyar Ungkap Kasus Dugaan Kekerasan Terhadap Anak Hingga Meninggal Dunia

Komisaris Independen PT BPR Bank Daerah Karanganyar (Perseroda) sekaligus sebagai Ketua Pemantau Resiko Drs.H. Sumarno , MSi.mengatakan bahwa " TOP GRC AWWARD 2025 ini  adalah Bukti penilaian Tata Kelola PT BPR Bank Daerah Karanganyar tergolong sangat bagus, sehat dan Bisnis terus tumbuh dan berkembang serta memiliki para pengelola yang kompeten, profesional, berintegritas, beretika dan berpengalaman dibidangnya masing masing sehingga dalam pengelolaan bisnis BPR  telah melaksanakan prinsip prinsip kehati-hatian bank,  akuntable dan  profitable sehingga sehat semua kinerja keuangannya"

Sejak tahun 2021, 2022, 2023, 2024 dan 2025  BDK juga telah mendapatkan TOP GRC hal ini membuktikan bahwa Manajemen Bank Daerah Karanganyar meliputi komitmen pemilik BDK yaitu Pemkab Karanganyar dengan saham 100 %   bersama Dewan Komisaris,  Direksi dan seluruh  karyawan  telah membangun masa depan bisnis BPR yang berkelanjutan berketahanan dan akan tangguh kedepannya.

Adapun yang menjadi bahan pertimbangan penilaian BDK meraih TOP GRC oleh Dewan Juri yang kredible, obyektif , independen dan telah bersertifikat dibidangnya dengan menguji pelaksanaan tata kelola berlangsung bagus antara lain adalah

1. Bank Daerah Karanganyar telah memiliki  Kelengkapan dokumen sistem Tata Kelola perusahaan spt SOP, budaya kerja, Code Of Conduct pedoman perilaku pegawai serta telah melaksanakan pengelolaan manajemen resiko bisnis BPR meliputi Resiko operasional, resiko kredit, resiko reputasi, resiko kepatuhan, resiko strategik, resiko likuiditas, rentabilitas  , resiko hukum telah dimitigasi semuanya dengan baik dan terkendali.

2. Implementasi GRC Good Risk Complaince di Bank Daerah Karanganyar (BDK) sdh dijalankan dg baik bagi yg melanggar aturan diberikan sangsi sesuai ketentuan yg berlaku ditegakkan reward dan punishment contoh bila karyawan melakukan pelanggaran berat ya berani sampai diberikan Sp3 maupun memPHK karyawan. Hal ini untuk menambah kepercayaan para nasabahnya bahwa pengelolaan dana para nasabahnya telah dikelola dg baik dan profesional sehingga dijamin aman dan menguntungkan bagi semuanya.

3.Bank Daerah Karanganyar mampu membuktikan  bahwa  GRC sebagai kunci keberhasilan Kinerja bisnis yg terus tumbuh berlembang asetnya dan semakin menguntungkan.

4. Bank Daerah Karanganyar telah melaksanakan pilar pilar GRC meliputi Transparansi (keterbukaan), Akuntabilitas (kinerja yang terukur), Responsibel (tanggung jawab), Profesional dan Fairnes (kewajaran) sehingga GRC  dapat berjalan secara berkelanjutan serta penerapanya telah dijalankan dengan proaktif, fleksible dan adaptif.

5. Bank Daerah Karanganyar memiliki Leader yang berkomitmen tinggi menerapkan GRC. Dengan menerapkan kepemimpinan yang tegas dalam menegakkan integritas dan beretika terutama berani  memberikan sangsi bagi karyawannya yang melakukan pelangggaran. Hal ini memberikan nilai tambah kepercayaan masyarakat kepada Bank Daerah Karanganyar. Disamping itu Kunci Keberhasilan GRC di Bank Daerah karena   GRC telah  menjadi Budaya Perusahaan dan para Leader di BDK menjadi keteladanan dan berkomitmen tinggi dalam menjalankan tata kelola perusahaan dengan baik bersama sama pada seluruh karyawan.

BACA JUGA:Karanganyar Kukuhkan Ayah Bunda Genre 2025 dan Lantik Forum Genre, Wujudkan Generasi Berencana Berkualitas

"Harapan kami mewakili Manajemen Bank Daerah Karanganyar dengan penghargaan ini semakin menyemangati Direksi dan Komisaris  serta seluruh karyawan untuk terus meningkatkan implementasi GRC di BDK. Dan Manajemen BDK pasti menindak tegas pelaku pelanggaran tata kelola perusahaan GRC agar bisnis BDK semakin tangguh dan bisnis terus tumbuh berkualitas secara berkelanjutan ke depannya sehingga akan meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat semakin besar  bila bermitra di Bank BDK karena  BPR aman , profesional,  lancar apalagi  banyak hadiahnya 3 mobil dan 15 sepeda motor setiap tahunnya dan banyak hadiah lainnya (TV, sepeda gunung, Kulkas, mesin cuci, kompor gas, ratusan magicom dll) dengan pajak pemenang ditanggung oleh Bank Daerah Karanganyar...kata Haryono.

Tags :
Kategori :

Terkait