Bawaslu Karanganyar Siapkan Pengawas 1.344 Pengawas TPS

Senin 14-10-2024,20:36 WIB
Reporter : Dawam
Editor : Rosis Aditya

Karanganyar, AktualNews - ,Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karanganyar menyiapkan 1.344 Pengawas Tempat Pemungutan Suara. Saat ini seluruh pendaftar yang lolos seleksi administrasi tengah mengikuti tes wawancara di masing-masing kecamatan

Anggota Bawaslu Kabupaten Karanganyar, Danang Eko Kristiyanto menjelaskan, tes wawancara dialokasikan mulai tanggal 12-22 Oktober 2024. Namun, tiap kecamatan dapat mengambil jadwal sesuai rentang waktu tersebut berdasarkan kebutuhan di wilayah. 

Untuk jadwal tiap kecamatan sudah disampaikan melalui pengumuman pada 11 Oktober lalu di kantor kecamatan dan kantor desa/kelurahan masing-masing, serta melalui media sosial Panwaslu. 

 

“Pengawas TPS diharapkan menguasai wawasan kewilayahan lokal, serta pengawasan Pemilu di tingkat TPS. Mereka juga harus berintegritas dalam menjalankan tugas, karena menjadi ujung tombak pelaksanaan pemungutan suara nanti,” jelas Danang, Senin (14/10/2024).

BACA JUGA:Polres Karanganyar Gelar Oprasi Zebbra Candi Tahun 2024 Mulai 14 Oktober Sampai 27 Oktober

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Pendidikan Latihan (SDMO dan Diklat) mengatakan, pada masa penerimaan pendaftaran tercatat jumlah pendaftar mencapai 2.345 orang. Setelah melalui seleksi administrasi terdapat 2.102 pendaftar yang lolos. 

“Dari hasil pemeriksanaan berkas, terdapat pendaftar yang tidak memenuhi syarat (TMS). Di antaranya karena belum memenuhi usia minimal 21 tahun, ijazah di bawah SMA dan masih tercatat dalam SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik),” ungkapnya. 

Pihaknya juga mempersilakan masyarakat memberi tanggapan dan masukan terhadap para pendaftar yang mengikuti seleksi wawancara. Jika ada tanggapan yang masuk, maka Panwaslu akan melakukan klarifikasi terhadap pendaftar terkait hal tersebut. Tanggapan dan masukan masyarakat diterima mulai tanggal 12 Oktober sampai 2 November 2024.***

Tags :
Kategori :

Terkait