PJ Bupati Karanganyar Melepas KKN UNSA Bertekad Membangun Unsa Smart Village Berbasis Kewirausahaan

Selasa 16-01-2024,13:45 WIB
Reporter : Dawam
Editor : Rosis Aditya

Karanganyar, AktualNews – Mengusung Konsep Smart Village Berbasis Kewirausahaan, Puluhan Mahasiswa Universitas Surakarta yang melaksanakan praktek Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Ngringo, Kabupaten Karanganyar dilepas secara langsung oleh Penjabat Bupati Karanganyar Timotius Suyadi S.Sos., M.Si di Ruang Anturium Rumah Dinas Bupati pada Senin( 15/01).

Praktek Kegiatan KKN Tematik mahasiswa UNSA ini akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 08 Januari hingga 25 Februari 2024 mendatang. Hadir dalam ceremonial pelepasan ini PJ Bupati Karanganyar, Pimpinan BPJS, Kepala BAPELITBANG, Kepala Dinas Pendidikan, Rektor dan Wakil Rektor UNSA, serta beberapa Pejabat pemangku wilayah yang akan menerima mahasiswa UNSA ini.

Nantinya KKN Tematik Mahasiswa UNSA akan dilaksanakan di Desa Ngringo yang tersebar 8 Dusun. Namun agar KKN Tematik terlaksana secara optimal maka difokuskan dalam 4 Dusun terlebih dahulu diantaranya yaitu Karangrejo, Plosokerep, Gunung Wijil, dan Benowo.

Mahasiswa peserta KKN Tematik UNSA gelombang pertama dari Fakultas Teknik diantaranya program studi Teknik Mesin, Teknik Elektro, serta Teknik Informatika.

Tema dari kegiatan KKN Tematik Universitas Surakarta yaitu “ Membangun Smart Village Berbasis Kewirausahaan”. Dimana, dari judul tersebut termasuk pilot project sebagai Smart Village pertama dalam mengimplemantasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di UNSA sendiri.

BACA JUGA:Karanganyar Gencar Berantas Polio di pekan Imunisasi Nasional (PIN)

Rektor Universitas Surakarta Astrid Widyani, SE. SS. M.BA. menyampaikan bahwa penyerahan mahasiswa program KKN Tematik di Desa Ngringo sebagai pilot project yaitu Smart Village pertama dalam mengimplemantasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di UNSA.

Bahkan Astrid juga menjelaskan bahwa mahasiswa yang mengikuti program ini juga mendapatkan bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan.

“ Tujuan dari kegiatan KKN Tematik Smart Village untuk mahasiswa dapat mengabdi di luar kampus agar berdampak ke masyarakat sekitar kampus juga. Dengan menggunakan prinsip-prinsip desa cerdas, untuk menggabungkan kebutuhan desa masing-masing. 

Harapannya supaya output dengan integrasi dibidang digital serta wirausaha bisa berjalan dengan lancar dan baik” Jelas Astrid.

Dalam pidato sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati Karanganyar Timotius Suryadi, S. Sos., M.Si mengucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Surakarta karena wilayah kabupaten karanganyar menjadi tempat KKN Tematik Smart Village. 

BACA JUGA:Jimly, Yusril dan Istana Kebakaran Pemakzulan

Dengan adanya kegiatan tersebut, Timotius berharap program ini dapat membangun Kabupaten Karanganyar lebih baik dan bersinergi, terutama perkembangan di lingkungan Desa Ngringo. 

“ Harapannya, agar masyarakat Ngringo memiliki kemauan untuk berinovasi dalam bidan kewirausahaan dan keunggulan desa dapat lebih dioptimalkan “ terang PJ Bupati yang linatik resmi 15 Desamber silam.***

Tags :
Kategori :

Terkait