Bekali Siswa Jadi Pengusaha SMK YAK 1 Gelar Market Day Sekaligus Pentas Seni

Rabu 20-12-2023,21:34 WIB
Reporter : Dharmawan
Editor : Rosis Aditya

Bogor, AktualNews - Market Day menjadi salah satu kegiatan yang kini dilakukan diberbagai sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA/SMK Sederajat. Secara umum Market Day dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan bagaimana berwirausaha bagi para siswa dan juga sebagai implementasi P5 dalam Kurikulum Merdeka. 

Sebagaimana yang dilaksanakan di SMK YAK 1 Kota Bogor, sekolah yang berada dibawah naungan Yayasan Al Akhyar Kalimurni Kota Bogor yang juga menaungi M.Ts Manba'ul Islam dan SD Al Akhyar, bertempat di lapangan sekolah laksanakan Market Day dan Pentas Seni, Rabu (20/12). 

Kegiatan Market Day dan Pentas Seni ini menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan sekolah setiap tahunnya dan merupakan Implementasi dari P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kurikulum Merdeka tentang Kewirausahaan.

Tersebut disampaikan Isti Septiani S.Sos selaku Waka Kurikulum SMK YAK 1 dan M.Ts Manba'ul Islam ditengah kegiatan.

Market Day ini adalah puncak dari kegiatan P5 untuk Kelas 10 dijurusan yang ada, tahun ini SMK YAK 1 sudah menerapkan Kurikulum Merdeka, jadi salah satu bagian dari Kurikulum Merdeka ini adalah P5 dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan sikap dan nilai-nilai Pancasila dalam diri anak-anak, menguatkan karakter seperti kritis, analisis, kemandirian, semangat belajar, pantang menyerah, kolaboratif, disiplin, tanggung jawab, sportif, dan lainnya. 

"Projek yang kita ambil saat ini bertema Kewirausahaan, peserta didik khususnya kelas 10 ini selama 1 minggu sebelumnya dengan didampingi Fasilitator mereka membuat dan merencanakan tentang wirausaha, jadi mereka membuat projek, menggali potensi wirausaha yang ada pada diri mereka," paparnya.

Lanjut Isti mereka diajarkan untuk merencanakan sebuah produk dari mulai bahannya, perhitungan bahan baku, harga dasar, harga Hptnya juga diajarkan menghitung keuntungan dari produk yang mereka buat dan endingnya adalah laporan dari kegiatan mereka hari ini apakah sesuai dengan perencanaan atau rancangan yang mereka buat satu minggu sebelumnya. 

"Diharap dengan kegiatan ini anak-anak kelas 10 ini lebih a ware dengan diri sendiri, dengan potensi yang ada pada dirinya sekaligus lebih mengeksplor tentang nilai-nilai Karakter Pelajar Pancasila," jelas Isti. 

Isti menyebut sengaja kegiatan ini dilaksanakan diakhir semester ini karena memakai sistem blok, anak-anak selesai melaksanakan PAS kita laksanakan Market Day ini untuk kelas 10, sedang kelas 11 PKL dan kelas 12 persiapan Ujikom yang akan dilaksanakan pada Februari dan Maret mendatang. 

BACA JUGA:Kongres Nasional Wanita SII,Indonesia Songsong Perubahan Dinamika Sosial Ekonomi Menjelang Indonesia Emas 2045

"Saat ini kita siapkan contoh-contoh soalnya, nanti saat Ujikom nanti mereka sudah siap karena sudah ada gambarannya," ujarnya. 

Untuk Market Day kita laksanakan dalam 1 hari ini, setiap kelas terbagi menjadi 3 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang, dari 2 jurusan yang ada Pemasaran dan Perkantoran kegiatan sama membuat berbagai Produk Makanan Ringan, untuk adik kelasnya di M.Ts Manba'ul Islam melaksanakan Pentas Seni dan besok siswa-siswi SMK YAK 1 dilanjut dengan Pentas Seni. 

Masih kata Isti giat Market Day ini ada penilaiannya, bagi yang tidak ikut sama sekali, sebelum mengambil raport diharuskan menghadap kurikulum dulu, karena perlu ada pemahaman bahwa kegiatan ini wajib diikuti siswa karena dalam rangka membentuk karakter siswa, Karakter Profil Pelajar Pancasila melaluli kegiatan Kewirausahaan. 

"Saya berharap kegiatan Market Day tahun depan dapat lebih semarak, lebih menyenangkan, antusias anak-anak lebih tinggi, kreatifitas mereka makin terpantik," katanya. 

Kategori :