Evaluasi Kenaikan Tingkat Sanggar Seni Dayang Sumbi Studio

Senin 04-12-2023,14:31 WIB
Reporter : Yuliana
Editor : Rosis Aditya

Bogor, AktualNews - Dayang Sumbi Studio menyelenggarakan evaluasi untuk para muridnya untuk yang ketiga kalinya pada, Minggu 03/12/2023 bertempat di Metropolitan Mall, Cileungsi, Kabupaten Bogor. 

Evaluasi bertujuan untuk kenaikan tingkat atau level dengan ketentuan penilaian yaitu 'Wirangga adalah tehnik gerak, Wirahma adalah gerakan sesuai nada dan irama pas atau tidak ketukannnya, Wirasa adalah penghayatan, ekspresi pandangam harus fokus dan gerakan sesuai dengan irama musik. 

Hari ini saya perwakilan dari Dinas Budaya dan Pariwisata Kab. Bogor menghadiri kegiatan evaluasi atau kenaikan tingkat siswa siswi Sanggar Seni Dayang Sumbi Studio, dimana kami sebagai Dinas terkait selaku sebagai pembinaan kesenian yang ada di Kab. Bogor ikut andil serta melestarikan kegiatan kegiatan kesenian yang ada. Harapan kami di Kab. Bogor lahir lembaga lembaga kesenian seperti 'Sanggar Seni Dayang Sumbi Studio dan untuk teman teman yang lain yang memiliki sanggar seni agar terdaftar di kami, agar kami bisa memberikan motifasi perkembangan sanggar seni untuk kedepannya "ungkap Wakil Kasi Disbudpar, Beni S.M" .

BACA JUGA:Pengelola Wisata Danau Embung Adakan Lomba Mancing di Desa Serdang Wetan Legok

Sanggar Dayang Sumbi adalah binaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Kab. Bogor. Sudah banyak prestasi yang diraih Dayang Sumbi Studio Yaitu, dari tingkat Kota, Jawa Barat dan Nasional. Dayang Sumbi Studio berdiri, 29 Desember 2020, bulan ini usia genap tiga tahun yang beralamat di Tlajung Udik RT 01 RW 13. Sanggar Dayang Sumbi saat ini telah membuka cabang baru di kelurahan Dukuh, Jakarta Timur. Jumlah siswa binaan saat ini berjumlah 175 siswa.

Sanggar ini di dirikan oleh Ridwan Simbolon S.pd, lulusan Seni Tari Universitas Negri Jakarta (UNJ) dan di bawah pimpinan ibu Unah Supinah, serta dibantu oleh beberpa para pelatih sanggar Dayang Sumbi Studio yang sudah memiliki banyak prestasi di bidang seni dan kebudayaan.

BACA JUGA:Telaga Kusuma Tunggulrejo Punya mBerpadas Janggle Park Tawarkan Eksotisme Hutan Purba

Pimpinan Sanggar Seni Dayang Sumbi Studio Unah Supinah, berharap agar generasi muda mencintai budaya dan tradisi terutama di bidang seni tari dan siswa yg mengikuti evaluasi kenaikan tingkat ini agar lebih semangat dalam mengembangkan bakat seni tarinya. 

"Evaluasi ini diikuti oleh 123 siswa untuk jenis tarian satu yaitu, tarian 'Jaipong tetapi memiliki beberapa judul lagu ada sembilan jenis mulai dari tingkat dasar sampai mahir tambahnya".***

Kategori :