Bulus, Hewan Unik Yang Selalu Dikaitkan Dengan Akal Ada Apa ?

Jumat 20-10-2023,12:37 WIB
Reporter : UG DANI
Editor : UG DANI

Jakarta, AktualNews - Tahukah Anda hewan yang masih satu keluarga dengan kura-kura, namanya bulus.
Hewan ini mirip dengan kura-kura hanya hidungnya panjang dan hidup di air tawar.

Habitatnya biasanya berada di rawa-rawa ataupun sawah yang berlumpur, hewan ini terlihat unik dan berwarna kuning.

Bulus merupakan sejenis kura-kura atau juga biasa disebut labi-labi, berpunggung lunak dilapisi kulit tebal dan licin, dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Asiatic softshell turtle, masyarakat Madura menyebutnya ketampah.

BACA JUGA:Resto Wisata Pulau Kelapa Sudah Dibuka di Desa Dawung Matesih Karanganyar

Namun di Indonesia dikenal dengan Bulus itulah namanya, tetapi mengapa namanya dikaitkan dengan akal yang tidak baik, toxic dan tipu daya.

Usut punya usut ternyata hewan ini memiliki akal licik dalam bahasa Indonesia akal bulus memiliki arti muslihat, licik dan penuh tipu daya.



Hasil penelusuran kata akal bulus digunakan sebagai orang yang penuh tipu daya.

Kenapa dikaitkan dengan hewan ini ? Hewan ini memang satu keluarga dengan kura-kura dan hal ini juga berkaitan dengan dongeng tentang kura-kura dan kelinci sombong yang mengajak untuk bertanding kecepatan berlari.

Anda tentu masih ingat dongeng yang pernah populer ini, saat itu kura-kura tidak mau ke habisan akal dengan mengumpulkan rekanan-rekanan nya saat menerima tantangan dari kelinci.

BACA JUGA:Danau Embung, Wisata Lokal Baru di Desa Serdang Wetan

Saat itulah disetiap beberapa jarak rekan-rekan bulus mengatur strategi dan berdiam di pos masing-masing yang akan dilewati oleh si kelinci.

Wal hasil saat kelinci sampai di depan sudah ada kura-kura karuan saja kelinci itu terkejut hingga ia terus berlari namun selalu kura-kura terdepan hingga garis finis.

Kelinci mengira bahwa si kura-kura lebih unggul dan kelinci mengakui kekalahannya.

Sekilas tentang dongeng kura-kura dan kelinci sombong, dari situ disimpulkan tentang arti akal bulus yang dikaitkan dengan hewan tersebut.***

Kategori :